HETANEWS.COM

Jadi Pelatih Baru Barcelona, Quique Setien Akui Sudah Lama Kagumi Messi

Quique Setien saat masih melatih Real Betis.(AFP/DAMIEN MEYER)

Hetanews.com - Quique Setien langsung memberikan pujian pada sosok Lionel Messi setelah dia dipastikan menjadi pelatih baru Barcelona. Quique Setien mengaku sudah sejak lama mengagumi permainan Messi. Mantan pelatih Real Betis itu menyebut Messi adalah salah satu pemain terhebat yang pernah ia lihat.

 "Messi selalu menjadi yang terbaik pada setiap pertandingan hari Minggu selama lebih dari 10 tahun," kata Setien, dilansir dari laman Marca, Selasa (14/1/2020). Pelatih yang kini berusia 61 tahun itu lantas membandingkan Messi dengan para legenda sepak bola dunia, seperti Pele, Diego Maradona, dan Johan Cruyff.

"Bagi saya, pemain terbaik yang pernah saya lihat selama periode ini adalah Messi," ungkap Setien. "(Johan) Cruyff dan (Diego) Maradona pemain-pemain hebar, tapi mereka juga punya idola," imbuh Setien.

 "Saya juga tidak tahu apakah Pele bisa bermain terus-menerus seperti Messi," ucap juru taktik kelahiran Santander tersebut. Setien dipercaya menukangi Barcelona setelah klub berjuluk Blaugrana itu memecat Ernesto Valverde.

Barcelona memilih mendepak Valverde seusai mereka meraih hasil buruk di awal tahun 2020. Terakhir, Blaugrana takluk dari Atletico Madrid di babak semifinal Piala Super Spanyol. Hasil itu membuat posisi Valverde sebagai pelatih Barcelona kian terancam, hingga akhirnya dipecat.

 Bagi Setien, melatih Barcelona akan menjadi pengalaman pertamanya menukangi klub top La Liga - kompetisi kasta teratas Liga Spanyol.Sebelumnya, pria bernama lengkap Enrique Setien Solar itu lebih sering membesut tim-tim semenjana Liga Spanyol.

Dia tercatat pernah melatih Lugo, Las Palmas, dan terakhir Real Betis. Setien melatih Real Betis selama dua musim, dari tahun 2017 hingga 2019. Dua musim membesut Los Verdiblancos - julukan Real Betis, Setien mencatatkan rekor 40 kali menang, 21 imbang, dan 33 kali menelan kekalahan dari 94 pertandingan kompetitif.

Ujian pertama Quique Setien sebagai pelatih anyar Barcelona adalah laga pekan ke-20 Liga Spanyol 2019-2020 menghadapi Granada di Stadion Camp Nou, Senin (20/1/2020) mendatang.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!