HETANEWS.COM

Dinas Pariwisata 'Lempar Bola' Soal Pemeliharaan Lapangan Adam Malik

Banner informasi proyek 2019 dipajang di batang pohon di Lapangan Adam Malik Pematangsiantar, Selasa 14 Januari 2020.

Siantar, hetanews.com – Pemeliharaan dan perawatan terhadap lapangan Adam Malik pematangsiantar nyaris tidak dilakukan Pemerintah Kota Pematangsiantar. Dinas terkait yang dikonfirmasi mengenai hal ini saling lempar bola.

Lapangan Adam Malik dikelola oleh Dinas Pariwisata Pematangsiantar. Dalam regulasi Lapangan Adam Malik diatur Perda No 15 Tahun 1989.

Lapangan yang dikenal dengan nama Simarito itu juga dikelola Dinas Pariwisata sebagai sumber PAD [Pendapatan Asli Daerah].

Lapangan tersebut diperuntukkan untuk kegiatan, kemasyarakatan, keagamaan dan kenegaraan. Lapangan yang letaknya di inti kota ini pun disewakan mulai harga Rp 150- Rp 6 Juta.

Baca juga: Jelang Hari Kemerdekaan, Hampir Setengah Lapangan Adam Malik Terpakai

Besaran angka tersebut diatur sesuai dengan Perda No 9 Tahun 2014 tentang retribusi daerah. Meski begitu, perawatan dan pemeliharaan lapangan Adam Malik nyaris tak tersentuh hingga saat ini.

“Pemeliharaannya tidak sama kami, kami hanya kegiatan kebersihannya saja. Kalau untuk perbaikan bukan sama kami, Tarukim [Dinas PRKP],” ujar Kabid Pariwisata, Robert Irianto, Selasa (14/1/2020).

Robert mengakui pihaknya mengelola lapangan. Hanya saja kebersihan dan perwatan hanya dilakukan saat kegiatan ada. 

“Kalau kami hanya kebersihan saja, umpamanya kalau ada kegiatan petugas kami turun membersihkan. Motong rumputnya,” ucapnya.

“Kegiatan rutin misalnya kalau ada kegiatan kami bersihkan. Hanya membersihkan saja, kalau perbaikan perbaikan bukan kami Tarukim,” tegasnya.

Baca juga: Lapangan Adam Malik Tak Lagi dipakai Untuk Konser Musik

Dinas PRKP atau Tarukim Pematangsiantar mengaku tidak berkewenangan dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan lapangan tersebut.

“Bukan PRKP. Itu urusan Dinas Pariwisata. Tapi kalau lapangan Merdeka baru Tarukim,” ujar seorang pegawai, ditemui di kantor Dinas PRKP saat Jurnalis  hendak menemui Plt Kadis PRKP, Kurnia Lismawati, Selasa sore.

Kadis DLH Pematangsiantar, Dedi Tunasto, dihubungi terpisah menuturkan, pihaknya berinisiasi menempatkan satu buah bak truk sampah di Lapangan Adam Malik. Sebab beberapa waktu lalu kondisi sampah nyaris menumpuk di lokasi tersebut.

“Kemarin itu banyak sampah di Lapangan Merdeka, Lapangan Adam Malik sekitar itu. Dari pada kami terus dibeteri orang itu jadi kami buat bak truk sampah untuk sementara. Supaya jangan terlalu jauh buang sampah,”jelasnya.

Baca juga: Lapangan Adam Malik Luput dari Perhatian

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!