HETANEWS

Lapangan Adam Malik Luput dari Perhatian

Lapangan H. Adam Malik, Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar, Selasa 14 Januari 2020.

Siantar, Hetanews.com - Perawatan dan pemeliharaan Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar nyaris tidak lakukan. Kondisi lapangan begitu memprihatinkan sampai ditumbuhi semak belukar hingga kesan kumuh dan luput dari perhatian.

Amatan di lokasi, Selasa (14/1/2020), letak bekas bangunan Tugu Sang Naualuh di pintu masuk [Gapura] sudah lama ditumbuhi semak belukar. Bangunan yang ditutupi seng itu juga dipenuhi coretan sehingga mengganggu pandangan. 

Satu bangunan beratapkan seng yang letaknya tak jauh dari letak pembangunan tugu, kondisinya juga berantakan. Masih terlihat beberapa sak semen tersusun di dalam bangunan tidak permanen itu.

Selain bangunan dan bekas tugu, Gapura lapangan Adam Malik dan tangga masuk yang menghadap ke arah Balaikota Pematangsiantar nyaris termakan usia.

Sebagian atas Gapura yang terbuat dari beton itu sudah runtuh. Cat yang digoreskan diatas permukaan Gapura berdisain etnik itu juga terkelupas. 

Baca juga: Gapura Lapangan Adam Malik Nyaris Runtuh

Di dalam lapangan, beberapa pohon diantara sisi kiri dan kanan pintu masuk rimbun namun tidak asri. Sementara kondisi tanah lapang juga gersang dan ditumbuhi rerumputan setinggi lutut orang dewasa.

Selain itu, satu buah banner berukuran persegi bertuliskan kegiatan proyek Dinas PUPR Tahun 2019, masih terpajang di batang pohon. Materil proyek seperti pasir dan bekas semen juga berhamburan di tanah.

Kondisi lapangan begitu memprihatinkan  diantara bekas pembangunan tugu Sang Naualuh yang tak jadi dibangun. Kondisi demikian sudah berlangsung lebih satu tahun. 

Baca juga: Hari Ini Tepat Satu Tahun Tugu Sang Naualuh Mangkrak

Selama itu, lapangan Adam Malik berulang kali dipakai untuk kegiatan kenegaraan, even yang mendatangkan banyak orang, hingga upacara hari-hari besar. 

Lapangan Adam Malik yang tak jauh dari lokasi perkantoran DPRD Pematangsiantar itu sudah tak elok dipandang mata.

Susunan bangku di diluar lapangan yang semula nyaman disinggahi, kini enggan untuk ditongkrongi sebab suasananya yang tak lagi asri.

Baru-baru ini, sebuah bak truk sampah Dinas Kebersihan Pematangsiantar ditempat kan di pinggir lapangan.

Peletakan bak sampah itu dilakukan sebagai inisiatif untuk mempermudah pembuangan sampah-sampah yang bertebaran di seputaran lokasi.

Baca juga: Ini Penjelasan Walikota Hefriansyah Memindahkan Tugu Sang Naualuh Ke Lapangan Adam Malik

Penulis: gee. Editor: edo.