HETANEWS

Febi Tegaskan Punya Bukti Utang 'Bu Kombes' yang Ditagih Via IG

Ahmad Arfah Lubis-detikcom/ Sidang Febi Nur Amelia terdakwa kasus ITE tagih utang via IG

Medan, hetanews.com - Febi Nur Amelia menegaskan memiliki bukti soal transaksi uang yang dipinjamkan ke Fitriani Manurung. Febi kini menjalani persidangan kasus pencemaran nama baik karena postingan tagihan utang 'Bu Kombes' di Instagram.

"Ada (bukti), nanti di persidangan saja ya dibuktikan," ujar Febi usai menjalani sidang lanjutan di PN Medan, Selasa (14/1/2020).

Dalam sidang beragendakan tanggapan atas surat dakwaan (eksepsi), pengacara Febi menegaskan surat dakwaan jaksa tidak memenuhi syarat sebagaimana diatur Pasal 143 KUHAP.

"Bahwa surat dakwaan tanggal 10 Desember 2019 yang disusun saudara JPU (jaksa penuntut umum) tidak cermat sehingga menghasilkan dakwaan yang tidak jelas dan atau kabur . Oleh karena itu tidak memenuhi surat dakwaan," kata pengacara Febi, Muhammad Fauzi.

Fitriani Manurung sebelumnya membantah punya utang Rp 70 juta ke Febi. Fitriani mempertanyakan bukti-bukti yang dimiliki Febi soal utang-piutang.

Fitriani lapor ke polisi karena tak terima Febi memposting soal tagihan utang lewat instastory.

"Soal utang, ada bukti nggak? Masak nggak ada bukti seperti SMS, WA. Masa nggak ada bukti? Bisa rupanya orang minjam Rp 70 juta hanya dengan ngomong saja dan untuk apa dia ngasih ke saya Rp 70 juta tiba-tiba," ujar Fitriani kepada wartawan, Selasa (14/1).

Febi Nur Amelia didakwa jaksa penuntut dengan dakwaan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/ atau mentransmisikan dan/ atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/ atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/ atau pencemaran nama baik.

Dalam surat dakwaan disebutkan Fitriani meminjam uang Rp 70 juta pada Desember 2016. Febi menurut jaksa dalam surat dakwaan mentrasnfer uang dua tahap yakni Rp 50 juta dan Rp 30 juta ke nomor rekening yang diberikan Fitriani.

Febi mengaku menulis Instastory pada 19 Februari 2019 karena Fitriani--yang disebut dalam postingan IG sebagai 'Bu Kombes'-- berkali-kali ditagih utang Rp 70 juta tapi tidak merespons.

"Harapan saya beliau bisa membaca dan membayar utangnya," kata Febi soal postingannya di IG saat ditanya wartawan di sela persidangan.

sumber: detik.com

Editor: sella.