Tapanuli Utara, hetanews.com - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengalokasikan besaran Apbd 2020 senilai total Rp 81,8 M untuk pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan irigasi.

"Pada 2020 ini, senilai total Rp81,8 miliar diplot untuk biaya pembangunan jalan, jembatan, dan irigasi," terang Sekretaris Dinas PUPR, Jupati Rajagukguk, Senin (13/1/2020).

Pembiayaan pembangunan atas tiga item infrastruktur tersebut, kata Jupati, akan dilaksanakan di 15 kecamatan se-Taput demi meningkatkan aksesibilitas, konektivitas, serta mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

"Untuk pembangunan irigasi, ada senilai Rp10 miliar, sisanya sebesar Rp71,8 miliar diplot untuk pembangunan jalan dan jembatan," jelasnya.

Lebih tekhnis, Kabid Preservasi Jalan dan Jembatan PUPR Taput, Jimmy Sihite mengatakan, dari total anggaran yang dipersiapkan, kurang lebih Rp1,7 M akan membiayai pembangunan tiga unit jembatan penghubung antar desa, yakni 2 unit di Kecamatan Garoga, dan 1 unit di Kecamatan Pangaribuan.

"Tiga unit jembatan tersebut diprogramkan untuk dibangun menjadi jembatan plat beton dari kondisi sebelumnya yang masih beralaskan papan," urainya.

Dikatakan, penerapan program dijadwalkan akan terealisasi setelah proses tenderisasi dilaksanakan pada tahun ini.

Sebelumnya, kata Jimmy, pada 2019 lalu, tiga unit jembatan juga sudah dirampungkan pengerjaannya, yakni 1 unit jembatan di Kecamatan Garoga, 1 unit di Kecamatan Adiankoting, serta 1 unit di Pangaloan-Kecamatan Pahae Jae.

sumber: sumut.antaranews.com