HETANEWS

33 Pejabat di Lingkungan Pemko Siantar 'Lepas Jabatan'

Siantar, hetanews.com – Pekan lalu, Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah melakukan dua kali pelantikan pejabat pada Senin 6 dan Selasa 7 Januari 2020. Dari pelantikan tersebut sebanyak 33 pejabat ‘lepas jabatan’.

Plt BKD Pematangsiantar, Heryanto Siddik merinci pada pelantikan dan pengangkatan JPT dan Administrator Senin (6/1), sebanyak 20 orang lepas dari jabatannya. Diantaranya 1 JPT [Jabatan Pimpinan Tinggi], Administrator dan sebagian lagi pensiun.

Sementara dari pelantikan Selasa (7/1), sebanyak 13 orang lepas jabatan. Diantara struktur di Dinas Kesehatan, Puskemas, BLUD Djasamen Saragih dan ada juga yang pensiun.

“Kalau untuk kepala Puskesmas seluruhnya defenitif,” jelas Siddik ditemui diruang kerjanya, Senin (13/1/2020) siang.

Satu orang JPT ialah Leonardo Simanjuntak. Ia sebelumnya menjabat Asisten I kini sebagai staff di Kesbangpol. Leonardo digantikan oleh Syah Amsar Saragih sebagai Pelakasan tugas [PLT]. Amsar juga merupakan Kabag Kesejahteraan sosial.

“Beliau diganti karena sudah menjabat lebih 5 tahun jadi Asisten I. Hal itu diatur dalam pasal Pasal 117 UU No 5 Tahun 2014,” jelasnya.

Kemudian ada nama Acai Tagor Sijabat yang sebelumnya menjabat Sekretasri Kominfo, lalu Mangapul Sitanggang sebelumnya menjabat Sekretaris DPMTSP.

Pelantikan dan pengangkatan JPT, Reinward Simanjuntak yang sebelumnya menjabat Kadis PRKP dirotasi jadi Kadis di Dinas PUPR.

Menggantikan posisi Reinward, Sekretaris PRKP, Kurnia Lismawati dihunjuk sebagai Plt [Pelaksana Tugas].

Selain Kurnia, Hammam Sholeh juga dihunjuk sebagai Plt di BAPPEDA dan nama Junaide Sitanggang sebagi Plt Inspektorat Pematangsiantar.

Mengenai beberapa OPD yang masih dijabat oleh Plt, Siddik menjelaskan tak menutup kemungkinan akan dilakukan lelang jabatan. Lelang jabatan dilakukan jika menerima izin KASN dan izin tertulis dari Kementrian terkait.

“Kalau dilakukan lelang jabatan tentu harus ada izin dari KASN dulu. Kemudian 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon tidak ada lagi rotasi mutasi jabatan. Itu sesuai dengan UU No 10 Tahun 2016,” katanya, seraya memastikan ASN tetap netral di tahun politik ini.

Baca juga: Bawaslu Larang Mutasi Jabatan di Lingkungan Pemko Pematangsiantar

Penulis: gee. Editor: edo.