HETANEWS.COM

Pesantren Darul Hikmah Asahan Terima Bantuan Instalasi Air Minum dari BI

Edhi Rahmanto Hidayat saat menyerahkan bantuan instalasi air minum ke Ponpes Darul Hikmah. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Bank Indonesia melalui PSBI (Program Sosial Bank Indonesia), memberikan bantuan pembangunan instalasi pengolahan air minum, kepada  Pondok Pesantren Darul Hikmah, di Seidadap Kabupaten Asahan. Serah terima dilaksanakan, pada Senin (13/1/2020, di halaman Pesantren.         

 Hadir dalam acara serah terima bantuan tersebut, Kadis Koperasi dan UMKM, Witoyo MM, anggota DPRD Asahan, Abdul Razak, dan Pimpinan Pesantren Darul Hikmah, Buya Ky.H.Ahmad Fadillah. Sebelumnya, doa dibawakan santri ananda Sabriansyah Sitorus.          

Kepala Perwakilan BI Pematangsiantar, Edhi Rahmanto Hidayat saat meresmikan instalasi air minum tersebut, menjelaskan, jika tugas BI, bukan mengatur dan mengendalikan inflasi saja. Namun untuk menjaga kestabilan nilai rupiah, maka perlu menumbuhkembangkan sektor pendukung inflasi, katanya.          

BI melalui PSBI-nya  bersama pemerintah, mendorong upaya peningkatan dalam peran ekonomi syariah. Pesantren merupakan salah satu unsur pendorong peningkatan ekonomi syariah. Sehingga sudah banyak pesantren yang mendapatkan bantuan, jelas Edhi lagi.         

Bantuan instalasi  air minum diberikan kepada Ponpes Al Barokah di Simalungun, Ponpes Darul Muksinin di Rantau Prapat dan Darul Hikmah di Asahan. Juga bantuan lainnya, seperti bantuan rumah hidroponik, cluster pertanian juga diberikan tergantung hasil survey tim BI.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian pesantren. Mendorong munculnya komoditas halal untuk diekspor seperti kopi, makanan, kerajinan atau lainnya menjadi komoditas ekspor yang diterima dunia yang sangat besar peluangnya mengembangkan perekonomian. Bahkan Jepang dan Korea juga ikut mengembangkan wisata halal.             

Diharapkan, bantuan tersebut  dapat mengurangi beban Ponpes Darul Hikmah dan menjadi unit usaha baru, sehingga dapat meningkatkan perekonomian. Juga mendidik santri/santriwati memiliki jiwa wirausaha untuk maju dan berkembang.          

Sebelumnya, pimpinan Ponpes Darul Hikmah Ky.H Ahmad Fadillah, mengajak santri/santriwati belajar mensyukuri nikmat Allah dengan semua pihak yang telah membantu pesantren, guna mendukung kebutuhan anak didik, termasuk dari Bank Indonesia melalui PSBI-nya.            

Semoga bantuan instalasi pengolahan air minum tersebut bermanfaat dan dapat dapat memenuhi kebutuhan air minum di Ponpes, harapnya.            

Kadis Koperasi dan UMKM Asahan, Witoyo MM mewakili Bupati, sangat mengapresiasi BI Siantar yang selalu memperhatikan perekonomian di seluruh wilayah kerja BI yang meliputi 8 kabupaten/kota.              

Diakuinya, kondisi air minum memberi pengaruh besar pada kesehatan dan lingkungan. Pembangunan instalasi air minum, merupakan salah satu usaha pengembangan unit ekonomi syariah, khususnya di Asahan.               

Saat ini, Ponpes Darul Hikmah memiliki 1300 siswa dari mulai TK-SLTA dan 400 santri yang mondok. Sehingga dengan adanya instalasi air minum tersebut, sangatlah memenuhi kebutuhan air minum siap saji.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!