HETANEWS.COM

Terbukti Miliki Ganja, Meswanto Divonis 4 Tahun Bui

Terdakwa berdiri mendengar vonis hakim, di PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Terdakwa Meswanto, akhirnya divonis 4 tahun penjara, denda Rp800 juta, subsider 3 bulan penjara, di PN Simalungun, Senin (13/1/2020). Vonis hakim, Roziyanti, lebih ringan dari tuntutan jaksa, Juna Karo-Karo.

Meswanto,  warga Tanah Jawa ini, sebelumnya dituntut 4,6 tahun penjara dan denda yang sama, dengan putusan hakim.

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 111 (1) UU RI No 35/2009 tentang narkotika.

Terdakwa ditangkap saksi polisi dari Polsek Tanah Jawa, Riston Tambunan dkk, pada Sabtu, 7 September 2019, lalu, sekira pukul 19.30 WIB.

Meswanto ditangkap saat menuju Hutabayu Raja, bersama Surya Saputra (keponakan terdakwa).

Dari saku terdakwa, petugas menyita ganja seberat 2,28 gram (bruto). Kepada petugas, terdakwa mengakui, membeli ganja dari Dedi Siswanto (didakwa terpisah), di jalan Nagur Siantar, seharga Rp20 ribu.

Dedi ditangkap pada keesokan harinya, Minggu, 8 September 2019, lalu, setelah polisi membawa Meswanto untuk menunjukkan keberadaan Dedi. Petugas menangkap Dedi, saat keluar dari rumahnya dan disita 1 amp ganja darinya.

Setelah dipertemukan dengan terdakwa Meswanto, Dedi membenarkan, telah menjual ganja kepadanya. Lalu keduanya diproses sesuai hukum.

Atas putusan majelis hakim, terdakwa didampingi pengacara, Sarah dari Posbakum PN Simalungun menyatakan terima dan juga dengan jaksa. Barang bukti sepeda motor Yamaha Vega R, BK 4306 TAR, dinyatakan dirampas untuk negara.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan