HETANEWS.COM

Mangapul Belum Adukan Pungli 30% ke Polisi-Jaksa

Siantar, hetanews.com – Blak-blakan Mangapul Sitanggang mengenai pungutan liar atau Pungli yang terjadi bertahun-tahun di Dinas Penanaman Modal – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pemko Siantar, masih menjadi perbincangan hangat. Mangapul sempat ‘berkoar-koar’ ke sejumlah media soal Pungli namun sampai kini belum jua melaporkannya secara resmi ke aparat penegak hukum.

“Belum, kami belum ada terima aduannya secara resmi,” kata Humas Polres Siantar, Iptu Rusdi Ahya kepada hetanews, 13 Januari 2019.

Hal senada juga disampaikan pihak Kejaksaan Negeri Siantar. Kasi Intel BAS Faomasi Jay Laia yang dihubungi wartawan menuturkan, mereka belum ada didatangi eks pejabat Sekretaris DPM-PTSP tersebut untuk mengadukan soal Pungli dari biaya perjalanan dinas.

“Belum ada bang kami terima (aduan) per hari ini,” ujarnya.

Baca juga: Soal Pungli di Dinas Perizinan: Mangapul Didesak Buat Aduan Resmi, Agus Salam Persilakan Penegak Hukum Bongkar Kasusnya

Pungli biaya perjalanan dinas sebesar 30 persen sebagaimana dikatakan Mangapul dikutip oleh Bendahara DPM-PTSP Agus Sufyan Nur, sesuai perintah dari kepala dinas Agus Salam. Pungli ini digembar-gemborkannya pasca ia dicopot dari jabatan sekretaris OPD tersebut.

Dia mengatakan anggaran perjalanan dinas disetorkan langsung ke rekening. Lalu dirinya menyetorkan uang tunai senilai 30 persen dari jumlah yang diterima kepada Bendahara.

Mangapul turut mengaku Pungli dari biaya perjalanan dinas sudah berlangsung lebih dari 3 tahun. Terakhir kali ia melakukan perjalanan dinas ke Jakarta sekitar 4 bulan lalu.

Hetanews sudah mencoba untuk menghubungi Mangapul Sitanggang lewat sambungan pribadi guna menanyakan mengapa belum juga melaporkan Pungli ke aparat penegakan hukum, namun belum berhasil. 

Baca juga: Agus Salam: Tidak Ada Pemotongan Perjalan Dinas 30 Persen

Penulis: bt. Editor: bt.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan