Karo, hetanews.com - Polres Tanah Karo menggelar pemeriksaan urine bagi seluruh personelnya di Mapolres Tanah Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Senin (13/1/2020).

Seluruh personel mulai diperiksa satu-persatu urinenya setelah selesai apel pagi.

Wakapolres Tanah Karo Kompol Hasian Panggabean mengatakan, seluruh personel tanpa terkecuali ikut serta diambil urinenya untuk dilakukan pengecekan.

Mulai dari tingkat bintara, tamtama, hingga Pejabat Utama (PJU), seperti Kapolres, Wakapolres, hingga jajaran para Kepala Satuan (Kasat).

"Seluruhnya dites tanpa terkecuali," katanya.

Terlihat, seluruh personel dipanggil satu persatu ke Aula Polres Tanah Karo untuk diambil datanya. Kemudian, mereka langsung diberikan alat untuk menampung urinenya masing-masing. Setelah itu, tim dari Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Tanah Karo, melakukan pengetesan dengan alat khusus, didampingi oleh personel dari Divisi Propam.

Dari hasil pengetesan hari ini, Panggabean mengatakan pihaknya mendapatkan ada empat orang personel yang terindikasi menggunakan narkoba. Adapun keempat orang ini ialah, DK, BS, EA, dan HG.

Dirinya mengungkapkan, sangat menyayangkan dengan adanya temuan ini. Terlebih, keempat personel ini masih dalam tahap pembinaan oleh Divisi Propam Polres Tanah Karo.

"Ada empat orang yang kita temukan, dan mereka ini memang sudah pernah kita tes dan positif juga. Sekarangpun mereka sudah pembinaan dari awal, mereka sudah bolak-balik kita arahkan dan kita tindak," ungkapnya.

Dirinya mengatakan, akibat dari terpengaruh menggunakan narkoba tentunya banyak menimbulkan efek negatif. Terutama bagi personel, akan berdampak pada kurangnya disiplin dan tidak dapat melakukan tugas-tugas sebagaimana seharusnya.

"Kalau sudah kena kan, nanti jarang-jarang masuk kerja, yang menjadikan dia tidak disiplin," katanya.

Pria dengan lambang satu melati emas di pundaknya itu mengatakan, nantinya untuk keempat orang ini akan diberi sanksi dengan diarak keliling Polres sambil mengucapkan kesalahannya.

Sumber: tribunmedan.com