HETANEWS.COM

NASA Temukan Peristiwa Tabrakan Antar Planet

Amerika serikat, hetanews.com - Peristiwa tabrakan antar planet memang sangat familiar dalam sebuah cerita atau di film fiksi. Tapi nyatanya, hal itu sudah pernah terjadi di kehidupan nyata 10 tahun yang lalu.

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, mengungkap bahwa dua exoplanet, planet di luar Tata Surya kita, telah bertabrakan pada tahun 2010. Peristiwa itu mengakibatkan dampak yang sangat mengerikan.

Kedua planet berada di sistem bintang BD +20 307 yang letaknya sekitar 300 tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Aries. Pada 2010 itu, NASA mendeteksi level debu tinggi di sana yang mengindikasikan dua planet itu mungkin bertabrakan.

Hal itu juga dikuatkan dengan hasil riset terbaru. Proyek NASA SOFIA (Stratospheric Observatory for Infrared Astronomy) alias observatorium terbang terbesar di dunia mendeteksi lebih banyak debu hangat baru-baru ini.

“10 tahun lalu, ilmuwan berspekulasi bahwa debu yang ada itu merupakan akibat dari tabrakan antar planet. Sekarang, misi SOFIA NASA menemukan lebih banyak debu hangat, mendukung spekulasi itu," kata NASA.

Ilustrasi planet dan bulannya.
Ilustrasi planet dan bulannya. Foto: Comfreak via pixabay

Dengan temuan itu, NASA bisa menggambarkan lebih lengkap soal terjadinya sejarah Tata Surya kita yang selama ini berpusat pada Teori Big Bang.

“Tabrakan antar planet seperti ini bisa jadi serupa dengan peristiwa tabrakan yang pada akhirnya menciptakan Bulan pada Bumi,” jelas NASA.

Diketahui, Bulan terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu, sekitar 30-50 juta tahun setelah kehadiran Tata Surya. Satelit alami Bumi itu terjadi diduga akibat tabrakan antar planet.

"Bulan terbentuk dari serpihan yang terlempar ke orbit oleh tabrakan masif antara Bumi awal dan planet lain seukuran Mars," kata ilmuwan NASA Jan Heldmann.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!