HETANEWS.COM

Penjara Inggris Kurung Reynhard Sinaga Seumur Hidup, Terungkap Ini Biaya Fantastis yang Dikeluarkan

Akibat kasus pemerkosaan, Reynhard Sinaga dihukum penjara seumur hidup. Pennington Country Sheriff's Office, BBC

Hetanews.com -Reynhard Sinaga dihukum seumur hidup, ternyata inilah biaya yang harus dikeluarkan penjara Inggris.Kasus pemerkosaan yang dilakukan Reynhard Sinaga di Inggris begitu menyedot perhatian publik di dunia.

Atas perbuatannya, Reynhard Sinaga pemuda asal Indonesia ini harus menerima hukuman penjara seumur hidup.Aksi Reynhard Sinaga yang memerkosa ratusan pria ini disebut-sebut menjadi pelaku kejahatan seksual terburuk dalam sejarah Inggris.

Kini mantan mahasiswa Universitas Indonesia ini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di dalam penjara Inggris.Ia pun menjadi pesakitan, dan kemungkinan, orang paling dibenci di Inggris saat ini.

Begitu luar biasanya kejahatan yang ia lakukan, para korban, menggambarkan Reynhard Sinaga sebagai setan."Dia predator setan. Saya ceritakan kasus saya kepada ibu saya dan dia langsung muntah," ujar seorang korban.

Di media sosial, tak sedikit orang Inggris menyuarakan kemarahan mereka pada Reynhard Sinaga.Tapi, tahukah anda berapa uang yang harus dikeluarkan Inggris untuk menampung Reynhard di penjara? Ternyata jumlahnya cukup fantastis.

Dikutip dari Russia Today, Damian Wilson, seorang jurnalis Inggris, menyebut orang Inggris harus mendesak agar Reynhard Sinaga diekstradisi ke Indonesia.

Menurutnya, bila Reynhard Sinaga harus menjalani 30 tahun penjara sebelum bisa mengajukan pengampunan, maka rakyat Inggris harus rela, membayar pajak, yang sebagian uangnya digunakan untuk 'merawat' Reynhard Sinaga di penjara.

Video Aksi Reynhard Sinaga Sebelum Tertangkap, Sering Keluar dari Apartemennya Lewat Tengah Malam (GREATER MANCHESTER POLICE via BBC - Facebook via The Guardian/CCTV Greater Manchester Police via KompasTV)

Wilson mengatakan, biaya untuk menampung seorang narapidana di Inggris berkisar Rp 719 juta per tahun.Bila masa tahanan minimal Reynhard Sinaga adalah 30 tahun, maka biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 22 miliar.

Jumlah itu, tentu saja besar untuk ukuran seorang yang tinggal di penjara.Bandingkan dengan biaya rata-rata hidup di Jakarta.Berdasarkan survey Numbeo.com, cost living per orang di Jakarta rata-rata sebesar Rp 90 juta per tahun.

Wilson berpendapat, Inggris sebetulnya bisa saja mengekstradisi Reynhard Sinaga ke Indonesia.Alasannya, saat ini status ReynhardSinaga di Inggris adalah ilegal.

"Berdasar sejumlah pemberitaan yangberedar,visapelajar Reynhard Sinaga di Inggris kadaluarsa pada 28 September 2019, jadi dia tak lagi punya hak untuk berada di Inggris," ujar Wilson.

"Mengapa Inggris tak berhemat saja, belikan dia tiket pesawat, kirim dia kembali ke Indonesia untuk menjalani masa hukumannya," ujar Wilson.

Setara dengan Kejahatan

Ayah Reynhard Sinaga akhirnya angkat bicara setelah putranya dihukum seumur hidup atas kasus pemerkosaan.Reynhard disebut sebagai pemerkosa terbesar dalam sejarah Inggris, setelah terbukti dalam 159 dakwaan dengan 48 korban adalah pria.

Dia disebut menyasar korbannya di kelab malam Manchester, dan kemudian membujuk mereka untuk singgah di apartemennya di Montana House.Dilansir BBC Selasa (7/1/2020), ayah Reynhard Sinaga, SS, akhirnya buka mulut terkait vonis yang diterima putranya.

"Kami menerima putusannya. Hukumannya sesuai dengan kejahatannya. Saya tidak ingin mendiskusikan kasusnya lebih dari ini," pintanya.Seorang teman Reynhard di sebuah kampus di Indonesia menuturkan, pria kelahiran Jambi itu dikenal sebagai mahasiswa yang populer serta flamboyan.

Teman itu mengatakan, dia kehilangan kontak dengan pria 36 tahun tersebut sejak melanjutkan studi di Inggris 2007 silam.Reynhard Sinaga disebut jatuh cinta dengan Manchester begitu sampai, dan memberi tahu keluarganya dia berniat tinggal selamanya di sana.Tinggal dekat Gay Village di Manchester, dia disebut bisa lebih leluasa mengekspresikan orientasi seksualnya yang tidak bisa dilakukan di Indonesia.

Selama 10 tahun, dia disebut hidup dari uang yang diberikan ayahnya, seorang pengusaha yang mempunyai sejumlah cabang bank swasta.Ibu Reynhard dilaporkan hadir dalam praperadilan anaknya.

Namun, dia tidak kelihatan dalam empat agenda sidang yang sudah dilakoni.Meski begitu, ibu Reynhard sempat menuliskan kesaksian yang ditujukan demi keperluan pembelaan sulung dari empat bersaudara tersebut.Pejabat KBRI London, Gulfan Afero, menuturkan Reynhard dikenal sebagai anak yang baik, cemerlang, dan rajin beribadah.

Ketika menjatuhkan vonis, Hakim Suzanne Goddard menyatakan bahwa keluarga pelaku pemerkosaan terbesar Inggris itu sama sekali tak tahu "karakter aslinya".Gulfan berujar, dia sudah menemui Reynhard di penjara sebanyak tiga kali, dan mengungkapkan terdakwa dalam keadaan bahagia."Dia tahu apa yang dia hadapi, dan tidak menunjukkan penyesalan karena dia yakin tidak bersalah.

Jadi, dia tidak ada beban," katanya.Sejumlah media Negeri "Ratu Elizabeth" memberikan judul beragam, mulai dari "Peter Pan" hingga "Predator Seks" sejak vonis Reynhard ditetapkan.Hakim Goddard merekomendasikan Reynhard dipenjara paling sedikit 30 tahun, sebelum dipertimbangkan apakah bisa mengajukan peninjauan kembali.

Baca juga: Anaknya Predator Setan Kasus Pemerkosaan di Inggris, Ayah Reynhard Sinaga Ternyata Buronan di Indonesia, Ini Kasus yang Menjerat Saibun Sinaga

Sumber: tribunnews.com

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!