HETANEWS

5 Surga Tersembunyi di Riau yang Pesonanya Bikin Takjub Wisatawan

Keindahan alam Riau (Foto : Instagram)

Jakarta, hetanews.com - Pariwisata Riau memang belum terlalu populer seperti di Bali atau Lombok. Tetapi, jika ditelusuri lebih jauh, ada banyak destinasi menarik di sana yang bisa membuat wisatawan takjub.

Terutama bagi Anda yang bosan dengan tempat wisata mainstream. Mengunjungi beberapa objek wisata di Riau ini akan membuat Anda tertantang. Sebab, keindahannya layak surga yang tersembunyi di Riau.

Ingin tahu destinasi apa saja di Riau yang bisa dikunjungi wisatawan? Berikut adalah lima “surga” tersembunyi di Riau yang bakal membuat Anda takjub dengan pesona alamnya, dirangkum Jumat (10/1/2020).

Pulau Rupat Utara

Berada di Kabupaten Bengkalis, pulau ini dikenal dengan garis pantai yang cantik. Saat pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini, Anda bakal disuguhi pemandangan pasir putih yang berkilau dan air jernih. Di pulau ini, Anda juga bisa menemukan objek wisata bernama Pantai Pesona.

Dari Pantai Pesona, Anda bisa menikmati panorama kapal yang melintas serta gemerlap lampu dari Port Dickson, Malaysia. Selain menawarkan wisata bahari, di pulau ini Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan seni, yakni tarian Zapin Api. Tarian tersebut dilakukan di atas bara api yang menyala.

Air Terjun Lubuk Bigau

Bagi Anda yang suka menikmati keindahan alam, tempat ini bisa menjadi “surga” untuk Anda. Tentunya, jalan yang dilalui untuk sampai ke air terjun ini tidak mudah. Bahkan, tak sedikit yang memutuskan untuk menggelar tenda di dekat air terjun guna untuk mengistirahatkan tubuh mereka yang lelah. Lokasi air terjun tertinggi di Sumatera ini berada di Desa Lubuk Bigau, Kabupaten Kampar. Bagi Anda yang penasaran ingin mengunjungi air terjun ini, sangat disarankan untuk membawa peralatan mendaki yang memadai serta gunakan jasa porter setempat. Bagaimanapun, Anda tidak tahu medan seperti apa yang bakal dilewati. Jadi, ini adalah cara terbaik untuk membuat perjalanan menjadi lebih lancar dan pastinya aman.

Gulamo

Sering dijuluki Green Canyon-nya Riau, Gulamo adalah wisata sungai yang terletak di Desa Tanjung Alai, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Berkunjung ke sungai ini, Anda bakal disambut dengan pesona alam yang memukau, diteduhi rimbunan pohon hijau.

Menariknya lagi, sungai ini dikelilingi oleh tebing-tebing di bagian kanan dan kiri.

Tak cuma itu, juga terdapat dua air terjun yang cantik di sekitar sungai. Akan lebih seru apabila Anda naik sampan dan menyusuri aliran sungai. Untuk mencapai Gulamo, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dari pusat Kota Pekanbaru.

Ulu Kasok

Ulu Kasok juga biasa disebut Raja Ampat-nya Riau. Pasalnya, pemandangan wisata alam ini jika dilihat dari atas sangat mirip dengan panorama Raja Ampat. Tempat ini terletak di Pulau Gadang, Kabupaten Kampar, Riau. Pemandangan paling cantik tentunya hanya bisa Anda lihat jika pergi ke puncak. Perjalanan ke puncak biasanya memakan waktu 30 menit.

Air Terjun Sungai Osang

Destinasi yang terakhir adalah Air Terjun Sungai Osang. Lokasi objek wisata ini tepatnya berada di Koto Tuo, Kabupaten Kampar, Riau. Karena belum banyak dikunjungi, air terjun ini memiliki suasana yang tenang dan air sangat jernih. Selain itu, panorama air terjun ini begitu Instagramable, sehingga cantik ketika difoto. Semua destinasi wisata di atas cocok bagi Anda para petualang sejati.

sumber: iNews.id

Editor: gun.