HETANEWS.COM

Modal Informasi, Tim Cyber Pungli Berwenang Lakukan Penyelidikan

Siantar, Hetanews.com – Institute Nusatiga mendorong penuntasan pungli [pungutan liar] di lingkungan Pemko Pematangsiantar agar terwujud good governance. Oleh karena itu akar persoalan pungli harus segera diselesaikan Tim Cyber Pungli.

Dugaan pungli dengan modus setoran 30 persen dari biaya perjalan dinas di DPMTSP atau Dinas Perizinan, yang diungkapkan Mangapul Sitanggang, dinilai Nusatiga sebagai bentuk pemerasan.

"Dugaan pungli di DPMTSP yang diungkapkan Mangapul lewat media dikategorikan tindakan pemerasan sesama ASN yang kemungkinan besar otak pelakunya adalah pimpinan tertinggi di Kota Pematangsiantar," kata Ketua Institute Nusatiga, Goklif Manurung, Jumat (10/1/2020).

Lebih lanjut dikatakannya, persoalan ini seharusnya langsung ditangani Tim Cyber Pungli. Dengan itu Goklif meminta Polres Pematangsiantar pro aktif dan segera menindaklanjuti informasi yang telah menghebohkan masyarakat.

Baca juga: Soal Pungli di Dinas Perizinan: Mangapul Didesak Buat Aduan Resmi, Agus Salam Persilakan Penegak Hukum Bongkar Kasusnya

Hal itu tercantum dalam Perpres N0 87 Tahun 2016 Tentang Satgas Saber Pungli, pasal 4 bagian (b) dan pasal 12 ayat (1&2).

“Pada intinya mengatur bahwa Tim Saber Pungli punya wewenang melakukan penyelidikan berdasarkan informasi, baik secara langsung maupun media elektronik, dalam hal pemberantasan pungli,” ucapnya.

Ketua Institute Nusatiga ini menambahkan, dengan terungkapnya dugaan pungli tersebut, sebenarnya ada persoalan yang lebih besar lagi selain pencopotan jabatan Mangapul, yakni potensi ke arah tindak pidana.

"Kalau memang benar-benar Mangapul ingin membereskan dugaan pungli tersebut, saya tantang dia untuk membuat laporan ke Polres Kota Pematangsiantar agar menjadi delik aduan", ucap Goklif.

"Tim Saber Pungli Polres Kota Pematangsiantar segera tanggap dan mengungkap secara terang benderang dugaan pungli di Perizinan, apalagi persoalan ini sudah mirip cara-cara kerja sindikat yang terorganisir yang melibatkan Kadis dan Bendahara," tutup Goklif.

Baca juga: Kapolres Sarankan Mangapul Sitanggang Datang ke Polres Siantar dan Janji Tindak Tegas Pungli

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan