HETANEWS.COM

Dainer Keberatan Dituduh Mencuri Sawit

Terdakwa Dainer Girsang kenakan rompi merah.

Siantar, hetanews.com - Terdakwa Dainer Girsang (49) melalui pengacaranya keberatan dengan dakwaan jaksa yang menyebutkan telah melakukan pencurian sawit yang dilakukan secara bersama sama ataupun sendiri dengan Khairuddin Halawa, Alex Sinaga dan Masterdi Purba (sudah dihukum).

Sebagaimana dakwaan primer jaksa, terdakwa dijerat dengan Pasal 363 (1) ke-4 Jo Pasal 55 1 ke-1 KUH-Pidana. Jaksa Heri Santoso menyebutkan jika terdakwa menyuruh Halawa, Alex dan Masterdi untuk memanen buah sawit milik saksi korban Jasmen Saragih.

Terdakwa bertempat tinggal di Bah Biak Kiri Kelurahan Sigulang-gulang memberikan upah Rp200-300 ribu kepada para rekannya tersebut. Padahal saksi korban sudah memperingatkan agar sawit diatas lahan miliknya di Jalan Tuan Rondahaim, Kecamatan Siantar Martoba jangan diambil.

Jaksa menyebut, terdakwa menyuruh ketiganya untuk memanen sawit sebanyak 5 kali dalam sebulan. Akibatnya saksi korban mengalami kerugian hingga 600 juta. Pohon kelapa sawit tersebut ditanam saksi korban sejak tahun 2009.

Perbuatan itu dilakukan terdakwa pada Senin, 7 Agustus 2017. Dan dijual kepada pengepul buah sawit sebanyak 3,4 ton. 

Dakwaan jaksa itu dibantah terdakwa dan merasa keberatan. Terdakwa melalui pengacaranya pun mengajukan eksepsi (bantahan).

Namun menurut jaksa, keberatan terdakwa tidak beralasan dan ditanggapi dalam replik jaksa yang dibacakan dalam persidangan di PN Siantar, kemarin.

Setelah jawab menjawab antara jaksa dan pengacara terdakwa, maka majelis hakim mengambil sikap melalui putusan sela yang akan dibacakan dalam persidangan Selasa mendatang.

"Untuk pembacaan putusan sela, sidang ditunda Selasa (14/1)", kata Ketua Majelis Hakim Simon CP Sitorus didampingi dua hakim anggota Rahmat Hasibuan dan M Iqbal Purba.

Penulis: ay. Editor: bt.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan