HETANEWS.COM

Nelayan Giring Paus yang Terdampar ke Laut di Perairan Asahan

Ilustrasi paus yang terdampar dari tengah laut di daratan.

Asahan, hetanews.com - Seekor ikan paus yang diperkirakan panjang sekitar lima meter ditemukan nelayan pencari kepiting sedang terdampar saat air surut di perairan Asahan sekitar Desa Silo Baru Kecamatan Silau Laut, pada Rabu (8/1/2019). Para nelayan yang begitu mengetahui adanya paus dalam kondisi lemas sudah berada hampir didaratan itu lantas kasihan dan menunggu beberapa saat hingga air pasang yang jaraknya hampir dua mil dari daratan pantai.

Setelah menunggu beberapa saat air laut pasang cukup tinggi, para nelayan ini kemudian menghalau paus untuk berenang menuju laut lepas dengan empat buah sampan nelayan. Aksi itu direkam oleh salah seorang nelayan desa Silo Baru dan viral di media social.

“Kami lagi mau cari kepiting dan melihat ada paus terdampar. Jadi waktu air mulai pasang besar, paus itu kami giring berenang ke laut lepas,” kata Didi Alfian yang sempat merekam kejadian itu lewat ponselnya saat dihubungi wartawan, Kamis (9/1/2019).

Kepala Desa Silo Baru, Ahmad Sofyan membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan ini kali pertama ditemukan paus terdampar didaerahnya. “Selama ini belum pernah ada kejadian seperti ini,” katanya.

Iapun menghimbau kepada para nelayan agar tidak memburu paus ketika menemukan ada paus yang terdampar kembali dan segera melaporkan kejadian itu ke pemerintah desa agar bisa mendapatkan pertolongan.

“Kami juga udah kordinasi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan, kalau ada lagi paus yang terdampar akan diberikan bantuan untuk menariknya kembali ke laut,” katanya.

Sumber: medanbisnisdaily.com 

Editor: suci.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!