HETANEWS.COM

Polisi-Jaksa Diminta Segera Ungkap Buka-bukaan Mangapul Sitanggang

Kantor DPM-PTSP Pemko Siantar. Foto: ist

Siantar, hetanews.com - Aparat penegak hukum diminta tidak tinggal diam terkait buka-bukaan Mangapul Sitanggang, eks pejabat Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) -dulu Dinas Perizinan- Pemko Siantar soal Pungli yang terjadi bertahun-tahun di organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut. Mangapul mengaku kalau dirinya satu dari sekian ASN yang dipungli.

"Adanya itu (pernyataan ) merupakan suatu petunjuk bagi penegak hukum untuk mengungkap faktanya. Sudah bisa masuk (menyelidiki) dari pengakuan tadi," kata praktisi hukum Reinhard Sinaga kepada hetanews, Rabu, 8 Januari 2020.

Mangapul dalam pengakuannya kepada sejumlah media, kemarin, menyatakan bahwa ada kewajiban setoran sebesar 30% biaya perjalanan dinas ASN, yang dikutip Bendahara Agus Sufyan Nur. Pernyataan Mangapul pun kemudian disanggah Agus.

Baca juga: Mantan Sekretaris Perizinan Ungkap Setoran 30 Persen Oleh Bendahara

Reinhard menuturkan, pernyataan Mangapul berpotensi menimbulkan kegaduhan bila aparat penegak hukum (APH) seperti Polisi-Jaksa tak segera mengungkapnya.

Ia pun mencontohkan Pungli yang dibongkar Polda Sumut tahun lalu pada Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pemko Siantar. Kasus ini menyeret Kepala BPKD Adiaksa DS Purba dan Bendahara Erni Zendrato hingga lanjut persidangan.

“Kalau saya melihat (buka-bukaan Mangapul) bisa jadi memang kejadian yang sebenarnya, maka dari itu masyarakat mendorong penegak hukum untuk segera bertindak. Kasus seperti ini kan sudah pernah terjadi,” katanya.

Pungutan liar merupakan tindak pidana korupsi apabila pelaku merupakan ASN. Kasus seperti juga sangat bertolak-belakang mewujudkan pemerintahan yang bersih yang digaungkan Presiden Jokowi. Dalam kasus ini APH harus mengungkap hingga ke akar-akarnya.

“Ya, harus dibongkar sampai masyarakat tahu siapa dalangnya,” ujarnya.

Penulis: bt. Editor: bt.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan