HETANEWS.COM

Protes PKS PT SJS Buang Limbah ke Sungai, Warga Harap Polisi Bertindak

Tumpukan limbah drum berserakan di bibir sungai. Foto: ist

Simalungun, hetanews.com – Pencemaran lingkungan diduga dilakukan PT Sawita Jaya Sejahtera berlokasi di Huta IV Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, diprotes warga penduduk setempat.

Pencemaran dengan cara pembuangan limbah ke sungai di sekitar perusahaan pabrik kelapa sawit tersebut. Menurut warga pembuangan sudah berlangsung sejak tahun lalu.

Kru hetanews bertemu dengan penduduk setempat pada 30 Desember 2019 lalu, menyebutkan pencemaran berdampak terhadap kebutuhan sehari-hari penduduk setempat.

“Kita (warga) tiap harinya gunakan sungai untuk mandi ataupun cuci pakaian. Tapi sekarang udah gak berani lagi karena airnya udah gak kayak dulu lagi,” kata Sr, warga setempat.

Ia mengatakan kondisi air sungai sekarang berubah warna kecoklatan hingga berbuih hingga banyak warga tak berani untuk menggunakannya.

“Kadang juga airnya berbuih dan bau,” ujarnya.

Foto: ist

Ms, warga lainnya mengatakan, akibat pembuangan limbah ke sungai juga berdampak pada hewan air seperti ikan yang bermatian. Ia pun berharap aparat penegak hukum untuk tinggal diam terkait keluhan warga.

“Tolong lah polisi bertindak, kasihan kami kesulitan air karena (air) sungai biasa kami pakai, ini udah gak bisa lagi,” harapnya.

Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Agus Setiawan dikonfirmasi terkait dugaan pencemaran lingkungan oleh PT SJS pihaknya akan segera menyelidiki kasusnya. “Akan saya turunkan anggota ke lokasi,” ujarnya dihubungi pada 2 Januari 2020.

Hetanews melansir dari berbagai sumber bahwa pendirian PT SJS sejak Tahun 2018 silam, sempat mendapat penolakan dari sejumlah masyarakat hingga melakukan aksi unras ke Kantor Kecamatan setempat.

Selain itu, pihak Kejari Simalungun sempat memeriksa sejumlah perangkat desa terkait pemberian izin PT SJS. Mereka adalah Lumuntar Saragi selaku Pangulu Buntu Bayu, mantan Pangulu Buntu Bayu Januar Sinaga, dan Sekretaris Desa (Sekdes) Tunggul Tampubolon.

Penulis: tim. Editor: bt.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan