HETANEWS

Indahnya Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-piso.(Foto/Net)

Karo, hetanews.com - Sumatra utara (Sumut) merupakan salah satu provinsi yang menawarkan berbagai tempat wisata, dan tempat-tempat wisata tersebut sangat indah untuk diminati, salah satunya seperti air terjun sipiso-piso yang berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Air Terjun Sipiso-piso memiliki ketingian hingga 120 Meter dan mengucur deas membentuk garis vertikal sempurna. Air Terjun Sipiso-piso berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba serta terbentuk pada aliran sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai menyuplai air ke Danau Toba.Air Terjun Sipiso-piso berada di ketingian sekitar 1.300 Meter diatas permukaan air laut (Sumber:Wikipedia), jadi jika pembaca ingin ke air terjun Sipiso-piso jangan lupa memakai jaket, sebab udara di air terjun Sipiso-piso sangat dingin.

Nama Sipiso-piso diambil dari nama sebuah gunung yang berada tepat di timur laut air terjun Sipiso-piso, dan gunung itu juga disebut Dolok Sipiso-piso, gunung ini memiliki ketinggan sekitar 1.860 meter diatas permukaan laut (Sumber: Wikipedia).

Dalam Bahasa batak Sipiso-piso berasal dari kata piso yang berarti pisau, hal ini untuk menggambarka derasnya air yang turun ke bawah bak menyanyat udara.

Jalur trekking menuju air terjun cukup memadai. Sudah dibangun tangga dan pembatas yang bisa melindungi Traveler. Rutenya tidak terlalu sulit namun cukup melelahkan karena jaraknya lumayan jauh. Paling tidak memerlukan waktu sekitar 40 menit sekali jalan. Oleh karena itu pastikan kita dalam kondisi fit.

Selain itu sudah ada beberapa gardu pandang yang dilengkapi warung sederhana. Jadi bagi pembaca yang tidak kuat trekking bisa menikmati keindahan air terjun dari kejauhan sambil menyeruput segelas kopi hangat.

Sesampainya di lokasi air terjun maka pembaca harus berhati-hati, jalurnya agak licin ditambah hembusan kencang angin dari air terjun cukup kuat.

Setelah puas berfoto dan bermain dengan airnya yang segar maka segera kembali ke atas. Jangan sampai terlalu sore karena jalur ke atas lebih menanjak jadi akan memakan waktu lebih lama daripada ketika turun.

Sesampainya kembali di atas, pembaca bisa mengisi perut yang lapar di warung makan sederhana yang tersebar di depan tempat parkir. Untuk yang mau membeli oleh-oleh juga ada banyak toko merchandise di sini.

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.