HETANEWS

Kapolres Simalungun Bantu Pasutri yang Miliki 4 Anak Lumpuh Layu

Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu saat bersama keluarga Ibu Suratmi dan ke empat anaknya.

Simalungun, hetanews.com - Pasangan suami istri (Pasutri), Suman (68) dan Suratmi (53), hanya mampu pasrah dan bersabar selama puluhan tahun untuk memperjuangkan nasib empat orang anak mereka yang menderita penyakit lumpuh layu, di rumah kontrakan, di Jalan Hati Rongga, Nagori Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Hal itu pun diungkapkan pasutri tersebut, saat dikunjungi Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu S.I.K, M.Si, didampingi para PJU Polres Simalungun, dan para perangkat desa, pada Selasa (7/1/2020) sore tadi,  pukul 18:00 WIB.

Suratmi mengatakan, mereka dikarunia lima orang anak, masing-masing Suwito (40), Adi (37), Rian (34), Sharul (30) dan Hamza yang meninggal dunia saat berusia dua tahun. 

Katanya, kelima anak laki - lakinya itu, lahir normal. Namun saat berusia 6 dan 7  bulan, kaki kelima anak mereka itu, mulai bengkok dan bahkan sampai bertambah usia, kondisi kelima anaknya tersebut semakin parah dan ahkirnya mengalami kelumpuhan.

Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu saat foto bersama anak - anak Ibu Suratmi yang menderita lumpuh layu

“Waktu lahir semuanya normal pak, tapi pada usia 6 bulanan berangsur gak bisa diberdirikan dan kakinya membengkok sampai sekarang, sejak kelahiran anak pertama tahun 1979 lalu. Dan kalau yang namanya Hamza itu, udah meninggal pak, jadi tinggal empat ini aja,"ungkap Suratmi kepada Kapolres.

Sementara, sang suami juga mengalami stroke dan sudah berjalan satu tahun.

Dan sebelum mengalami strok, sang suami juga harus rela melakukan pekerjaan sebagai tukang cuci mobil hingga malam hari untuk menafkahi ke empat anak mereka.

Disela kunjungan dan pemeberian bantuan kepada pasutri tersebut, Kapolres Simalungun mengatakan, bahwa pihaknya sangat prihatin terhadap keadaan keluarga tersebut, sehingga dengan ringan langkah, Kapolres dan jajarannya, berkunjung dan memberikan bantuan.

"Ditengah - tengah kita masih banyak saudara kita yang dalam kesusahan, semoga dengan tali asih yang kami berikan dapat bermanfaat dan sedikit meringankan beban keluarga ibu Suratmi. Mari kita sama - sama berikan bantuan, serta semangat buat keluarga ibu ini. Sungguh berat, jika melihat beban yang mereka hadapi. Semoga keluarga Ibu Suratmi berserta suami dan anak - anaknya selalu diberikan kesehatan dan dilimpahkan rezekinya,"ujar AKBP Heribertus Ompusunggu.

Kapolres menambahkan, bahwa yang dilakukan adalah bentuk kepedulian Polres Simalungun yang memang dekat dengan masyarakat.

Penulis: tim. Editor: gun.