HETANEWS.COM

Gadaikan Mobil Rental, Suanda Dituntut 3 Tahun Bui

Terdakwa pakai rompi merah saat akan meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Jaksa Rahmah Hayati Sinaga, menuntut terdakwa Suanda (35), dengan pidana penjara selama 3 tahun, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani.

Surat tuntutan jaksa tersebut, dibacakan dalam persidangan terbuka untuk umum, di Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, Selasa (7/1/2020).

Terdakwa Anwar, yang tinggal di Huta Moho II, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, dipersalahkan jaksa dengan pasal 372 KUH Pidana.

Atas tuntutan tersebut, terdakwa mengaku belum pernah dihukum dan memohon kepada majelis hakim, Fhyyta Sipayung, M Nuzuli dan Rahmat Hasibuan, agar hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.

Menurut jaksa penuntut umum, terdakwa awalnya merental mobil New Avanza Hitam BK 1289 ZM, milik saksi korban Ahmad Mulia. Lalu mobil dan kunci kontak, bersama STNK, diserahkan di jalan Cokroaminoto, tepatnya di bengkel knalpot, pada 26 Pebruari 2019, lalu.

Terdakwa memberikan uang rental Rp1 juta selama 4 hari. Lalu dikembalikan untuk meyakinkan korban dan dirental kembali. Pada Maret 2019, terdakwa mentransfer uang Rental Rp.1,5 juta dan saksi korban merasa keberatan.

Namun terdakwa berjanji akan membayar kekurangan uang rental, jika uangnya sudah cukup. Karena didesak korban, akhirnya terdakwa mengaku sudah menggadaikan mobil tersebut kepada Gading Sianturi, di Karang Bangun seharga Rp15 juta.

Uang hasil gadaian digunakan untuk membayar hutang. Akibatnya saksi korban mengalami kerugian Rp130 juta, karena mobilnya belum dikembalikan.

Untuk mendengarkan putusan majelis hakim, sidang dibantu panitera pengganti, Sinto SH, ditunda hingga Selasa mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!