HETANEWS.COM

Mantan Sekretaris Perizinan Ungkap Setoran 30 Persen Oleh Bendahara

Kantor DPMTSP di Jalan Melanthon Siregar

Siantar, hetanews.com –Mangapul Sitanggang mengungkap  kewajiban menyetor 30 persen dari setiap perjalanan dinas ke Bendahara, selama dirinya menjabat Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu [DPMPTSP] Pematangsiantar atau yang dikenal sebelumnya Dinas Perizinan.

“Dari SPPD [Surat perintah perjalanan dinas]. Kita setelah pulang, bayar 30 persen. Bukan dari totalnya tapi dari uang saku kita. Yang mengutip itu Bendahara,” kata Mangapul ditemui, Selasa (7/1/2020) siang.

Dia mengatakan anggaran SPPD itu disetorkan langsung ke rekening. Lalu dirinya menyetorkan uang tunai senilai 30 persen dari SPPD itu kepada Bendahara DPMPTS, Agus Sufyan Nurr.

Selama menduduki jabatan Sekretaris DPMPTSP lebih 3 tahun, Mangapul mengaku selalu menyetor jika dirinya melakukan perjalanan dinas luar kota. Terakhir kali dia melakukan perjalanan dinas ke Jakarta sekitar 4 bulan lalu. 

“Aku kan sekretaris, yang aku dengar-dengar cerita di bidang-bidang yang lain juga diberlakukan seperti itu,”ungkapnya.

Menurut Mangapul, pemotongan biaya perjalan dinas itu sudah ada arahan. “Kalau ku bilang harus, itu sudah ada arahan, iya Kadis lah, kata Bendahara begitu. Itu ucapan Bendahara, kalau Agus Salam gak pernah minta langsung,” ucapnya.

Ditemui terpisah, Bendahara DPMTSP Agus Sufyan Nurr, membantah menerima setoran sebesar 30 persen dari anggaran perjalanan dinas. “Enggak ada, enggak berani. Lagian sudah ke rekening masing-masing,”ucapnya ditemui diruangannya.

“Enggak lah, bisa ditanya siapa yang baru pergi [perjalanan dinas], iya gak ada,”katanya menambahkan. “Gak pernah ku minta itu, apalagi Sekretaris kan berhubungan langsung ke Kepala DInas,”imbuhnya.

Ia juga mengungkap adanya peristiwa OTT di BPKAD pada 2019 yang membuat pihaknya was was, “Sekarang tau lah kan OTT itu, ga berani kan awak, dari SPPD itu, itunya sebenarnya,” ucapnya.

Hingga berita ini dimuat, Kadis DPMPTS, Agus Salam, yang dihubungi Hetanews pada Selasa sore belum memberikan keterangan mengenai setoran yang diungkap oleh mantan sekretarisnya itu. 

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan