Samosir, hetanews.com - Direncanakan hari ini ratusan warga Desa Cinta Maju Tamba, Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir berunjuk rasa di acara pelantikan 95 kepala desa (Kades) terpilih, di gedung AE Simanihuruk Pangururan, Selasa (7/1/2020). Warga minta pelantikan Kades Cinta Maju terpilih ditunda.

Hal itu disampaikan Koordinator aksi, Osnar Tamba, melalui pesan singkat WhatsApp, kepada medanbisnisdaily.com, Senin (6/1/2020).

Menurut Osnar, bahwa beberapa poin yang jadi keluhan warga, yaitu adanya dugaaan kecurangan sehingga diminta agar pelantikan Kades terpilih ditunda.

"Surat pemberitahuan dari Ombudsman, Bupati yang diwakili Asisten I Pemkab Samosir Mangihut Sinaga, mengatakan ada kelalaian dalam menerbitkan SK pengangkatan kepala Desa Cinta Maju Tamba,"ujar Osnar.

Warga meminta hukum ditegakkan agar tidak terjadi konflik di Desa Cinta Maju, seperti terbitnya surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana.

"Nyatanya saudara Kades Galugur Tamba dihukum penjara oleh PN Tipikor Medan beberapa waktu lalu. Jadi mohon dukungan kawan-kawan media di Samosir memperjuangkan aspirasi masyarakat Cinta Maju, untuk menuntut menegakkan kebenaran dan keadilan,"ujarnya.

Sebelumnya, Mangihut Sinaga, mengatakan, 95 Kades terpilih pada pelaksanaan Pilkades serentak se-Samosir pada 31 Oktober 2019, akan dilantik di gedung AE Simanihuruk, termasuk kades Cinta Maju Tamba.

"Perihal tuntutan masyarakat Cinta Maju Tamba, Kecamatan Sitio-tio, sudah diselesaikan dengan baik," jelas Mangihut.

Sumber: medanbisnisdaily.com