HETANEWS.COM

Ini Risikonya Jika Anda Terlalu Sering Pakai Pomade Rambut

Ilustrasi. Foto: gettyimages.com

Hetanews.com - Meski telah secara teratur menggunakan gel, wax, ataupun pomade rambut untuk menata surai mereka, banyak pria yang khawatir bahwa produk penataan rambut ini bisa membuat mereka lama-lama jadi botak. Pasalnya, setelah cukup lama menggunakan pomade rambut, kok jadi makin banyak rambut yang rontok.

Ini cukup untuk membuat Anda bertanya-tanya, apakah tatanan rambut super stylish berkat sulapan pomade ini benar layak untuk dipertahankan jika kebotakan adalah taruhannya.

Keseringan pakai pomade rambut bikin rambut menipis

Gel pomade rambut bisa meninggalkan residu tebal di kulit kepala jika tidak dibilas bersih. Kombinasi antara residu gel dan minyak alami yang dihasilkan rambut Anda dapat dengan cepat menyumbat pori dan menyebabkan miniaturisasi folikel rambut. Miniaturisasi folikel rambut adalah proses di mana folikel rambut mulai tumbuh tipis, lemah, sehingga rambut jadi lebih rapuh.

Tapi tidak perlu-perlu amat membuang pomade rambut Anda sekarang juga — pomade rambut tidak menyebabkan rambut benar-benar rontok, apalagi botak. Efek penipisan rambut ini hanya bersifat ringan dan sementara akibat kerusakan serat rambut — dan bisa dicegah/diperbaiki — bukan tanda Anda mulai botak.Kebotakan rambut adalah kondisi keturunan. Proses kebotakan pria ditentukan oleh faktor-faktor seperti gen, hormon, kesehatan yang buruk. dan diet yang buruk.

Meskipun jika Anda sedang di bawah stres berat atau Anda memiliki kondisi medis lain seperti psoriasis atau dermatitis seboroik, hal ini dapat mempercepat proses kerontokan rambut pada pria (dan wanita). Namun produk perawatan rambut tidak bisa membuat rambut botak.“Rambut adalah organ mati, sehingga Anda hanya dapat merusaknya seperti Anda merusak kain pakaian,” ungkap Iain Salis, pakar rambut rontok di Inggris, dilansir dari Telegraph.

Jika Anda sering blow-dry rambut dalam suhu tinggi, sering mengeriting rambut, kekencangan mengikat rambut, atau gonta-ganti warna rambut, ini memang akan merusak serat rambut, tetapi jika Anda hanya ketiduran saat pomade rambut belum dibilas bersih, rambut tidak akan hilang total di kemudian hari.

Pomade rambut bisa bikin wajah jerawatan

Tidur dengan pomade rambut utuh di kepala artinya bakal ada sisa residu gel dan minyak alami rambut yang berpindah ke serat kain. Dan selama Anda tidur, wajah Andalah yang mengalami kontak langsung dan berkepanjangan dengan sarung bantal berminyak tersebut. Sarung bantal yang kotor dan berminyak lama-kelamaan dapat memicu peradangan jerawat serius di wajah Anda.

Hindari penampilan rambut menipis dan jerawat di wajah dengan merawat kulit kepala Anda lewat cara yang benar. Ini berarti membilas bersih semua sisa produk pomade rambut sebelum tidur setiap malam sehingga pori-pori kulit kepala dapat bernapas selama Anda tidur nyenyak dan menumbuhkan rambut yang sehat.

Sumber: hellosehat.com

Editor: sella.