HETANEWS

10 Wanita Inspiratif yang Mencuri Perhatian Selama 2019

Greta Thunberg. Foto: shutterstock.com

Jakarta, hetanews.com - Banyak wanita inspiratif yang menjadi perbincangan di 2019. Beberapa dari mereka dianggap memberikan perubahan, pengaruh baik, hingga memecahkan rekor untuk bidang masing-masing.

Mulai dari remaja Greta Thunberg yang ingin menghentikan perubahan iklim global hingga Najwa Shihab, jurnalis favorit para netizen, berikut 10 wanita inspiratif yang mencuri perhatian selama 2019.

1. Greta Thunberg

Foto: AP Photo/Armando Franca

Greta Thunberg dikenal sebagai aktivis muda lingkungan yang dipertimbangkan sebagai salah satu kandidat peraih Nobel perdamaian dunia. Nama remaja 16 tahun tersebut mulai disorot ketika ia berdemonstrasi seorang diri di depan gedung pemerintahan Swedia.

Ia memprotes para petinggi di negerinya yang dianggap tidak terlalu berbuat banyak demi menyelamatkan lingkungan.Aksi solo Greta tersebut lantas menginspirasi ribuan murid SD di berbagai negara turun ke jalan untuk melakukan aksi yang sama. Gerakan tersebut dinamakan Youth Strike 4 Climate. Dari situ, ia mulai diundang berpidato di berbagai forum internasional.

2. Sanna Marin

Foto: Jussi Nukari/Lehtikuva via AP

Sanna Marin menjadi Perdana Menteri Finlandia setelah dipilih partai Sosial Demokrat yang menaunginya. Menjadi perdana menteri di usia 34 tahun, dia mencetak sejarah sebagai perdana menteri termuda di dunia. Wanita tersebut sebelumnya menjabat Menteri Transportasi dan Komunikasi.
Sanna Marin sendiri merupakan anggota dari partai terbesar dalam koalisi lima partai.

Saat diangkat, ibu satu anak ini menyatakan akan membangun kembali kepercayaan publik pada pemerintah. Ia terjun ke dunia politik sejak usia 27 tahun dan menjabat wali kota Tampere di Pirkanmaa, daerah selatan Finlandia.

3. Katie Bouman

Foto: BBC Magazine

Kebenaran akan adanya 'black hole' telah diperjelas dengan sebuah gambar yang mencetak sejarah. Foto itu pun tercipta berkat kontribusi ilmuwan komputer bernama Katie Bouman.

Wanita 29 tahun itu membuat algoritma untuk menghasilkan foto black hole pertama tersebut. Ketika itu, nama Katie langsung menjadi trending topic karena para netizen yang ikut bangga dan memberi selamat.

4. Megan Rapinoe

Foto: Emilio Andreoli/Getty Images

Megan Rapinoe menjadi pemain Wanita Terbaik FIFA 2019 dalam acara The Best FIFA Football Awards 2019. Sebagai gelandang tengah sekaligus co-captain, Megan Rapinoe berhasil membawa timnas Amerika Serikat menjuarai FIFA Piala Dunia Wanita 2019.

Sosok Megan sendiri cukup kontroversial. Beberapa tahun belakangan, sikapnya tersebut sering jadi perbincangan, mulai dari karena selebrasi berlebihan, menolak menaruh telapak tangan di dada saat pemutaran lagu nasional, menolak datang ke Gedung Putih jika diundang, dan lainnya. Namun Megan paling lantang menyuarakan kesetaraan gaji antara pemain bola pria dan wanita.

5. Angkie Yudistia

Foto Angkie Yudistia penyandang disabilitas yang menjadi Staf Khusus Presiden Joko Widodo. Sumber: instagram/angkie.yudistia

Angkie Yudistia menjadi salah satu staf khusus baru yang ditunjuk untuk membantu Jokowi. Jokowi sengaja memilih anak-anak muda sebagai staf khususnya untuk menjadi penjembatan.

Angkie Yudistia pun dikenal sebagai seorang CEO muda. Ia mendirikan Thisable Enterprise, sebuah perusahaan sosial yang bermisi untuk memberdayakan penyandang disabilitas di Indonesia.
Thisable Enterprise pun didirikan pada 2011. Perusahaan ini didirikan berdasarkan pengalamannya sendiri yang sempat sulit mendapatkan pekerjaan.

6. Aries Susanti Rahayu

Foto: dok. FPTI

Wanita Indonesia lain yang jadi perbincangan karena prestasinya adalah atlet panjat tebing Aries Susanti Rahayu. Aries bahkan masuk sebagai 28 wanita bersejarah yang mendobrak batasan versi Time.

Ia menyabet dua emas di Asian Games untuk kategori nomor kecepatan putri dan kategori beregu putri.Wanita yang dijuluki 'Spiderwoman Indonesia' itu pun menjadi satu-satunya atlet wanita Indonesia yang meraih dua emas di Asian Games 2018. Aries juga merupakan wanita pertama yang berhasil memanjat 15 meter dalam waktu tujuh detik pada Oktober 2019 lalu.

7. Jacinda Ardern

Foto: REUTERS/Jorge Silva

Perdana Menteri Selandia Baru ini sering jadi perbincangan karena tebusannya. Jacinda Ardern mencetak sejarah sebagai pemimpin yang membawa bayinya ke pertemuan PBB. Ia pun menjadi wanita kedua yang melahirkan anak selagi menjabat sebagai pemimpin negara.

Ardern pun menginspirasi banyak orang dengan caranya menghadapi pemboman yang terjadi di masjid di Kota Christchurch. Ketika itu tak cuma mengutuk, ia pun berjanji untuk segera mengupayakan adanya revisi peraturan izin kepemilikan senjata. Untuk mengungkapkan rasa berkabungnya, Jacinda Ardern mengunjungi lokasi kejadian perkara dan menemui keluarga korban serta komunitas muslim.

8. Ursula von der Leyen

Foto: DW (News)

Ursula von der Leyen memenangkan pemungutan suara untuk menjadi presiden Komisi Eropa dan menjadi perempuan pertama yang memegang jabatan itu. Sebelumnya, ibu tujuh anak tersebut merupakan Menteri Pertahanan Jerman wanita pertama yang dianggap cepat menangani masalah angkatan bersenjata.

Dalam pidato sambutannya, Ketua Komisi Uni Eropa yang baru itu pun mencanangkan target ambisi untuk membuat Uni Eropa sebagai kawasan "netral karbon" sampai tahun 2050. Banyak pihak meragukan tercapainya target itu. Namun Ursula von der Leyen menampik skeptisisme itu.

9. Najwa Shihab

Najwa Shihab. instagram/najwashihab

Najwa Shihab juga dianggap menjadi salah satu wanita inspiratif yang berprestasi di 2019. Ia pun adalah salah satu wanita yang paling dikagumi di dunia kedua setelah Susi Pudjiastuti dalam sebuah polling.

Beberapa waktu lalu Founder Narasi TV ini pun mendapat gelar 'Person of The Year'. Wanita yang akrab disapa itu Nana itu banyak dikagumi karena kepiawaiannya sebagai jurnalis yang memimpin acara diskusi Mata Najwa.

10. Phoebe Waller-Bridge

Foto: Getty Images
Sedangkan dari Hollywood, salah satu wanita inspiratif yang jadi perbincangan di 2019 adalah Phoebe. Ia bukan hanya aktris tapi juga produser juga penulis. Ia adalah produser eksekutif Killing Eve sekaligus aktris untuk Fleabag.

Killing Eve dan Fleabag adalah dua serial yang banyak mendapat respon positif dari penonton dan kritikus. Tahun ini, ia memenangkan tigadariempatEmmy yang dinominasikan untuknya.

Sumber: detik.com

 

Editor: sella.