Siantar, hetanews.com - Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) menjadi salah satu ikon Siantar, yang layak dan harus dikunjungi, jika datang ke kota ini. Karena koleksi satwa di kebun binatang Siantar ini, bisa dikatakan terlengkap setelah Ragunan.

Selain hiburan, juga menjadi edukasi bagi pengunjung karena bisa mengenal ribuan jenis hewan dari mulai yang terkecil hingga yang besar.

Koleksi ratusan unggas, ular, kucing besar, hewan langka dan unik semua ada di THPS.

Menurut petugas/karyawan yang berada di pintu masuk, ketika ditanya Hetanews.com, Senin (30/12/2019), jika pengunjung setiap hatinya ramai saat musim liburan. Apalagi liburan sekolah dan juga liburan akhir Natal dan Tahun Baru.

Pengunjung mencapai 15 hingga 20 ribu pengunjung, bukan hanya dari Kota Siantar, Simalungun dan sekitarnya saja, tapi dari luar daerah, seperti dari Padang Sidempuan, Tapsel, Riau, Rantauprapat, Kisaran, Medan dan daerah lainnya.

Harga tiket masuk masih berbandrol Rp30 ribu, sama bagi anak - anak dan orang dewasa. Di THPS bukan hanya sekedar melihat berbagai koleksi hewan saja, tapi juga ada arena bermain anak dan kolam renang serta koleksi Gallery Rahmat.

Seperti diucapkan salah seorang pengunjung, Roslaini yang mengaku datang ke kebun binatang ini, bersama keluarganya dari Tapsel.

"Katanya kebun binatang Siantar bagus, aman dan nyaman juga banyak koleksinya, maka kami datang kemari,"katanya sambil tersenyum.

Ibu ini juga merasa puas bisa melihat berbagai koleksi hewan di Zoo Siantar. "Cuma Gajah yang tidak ada," katanya. Meski demikian, dirinya mengaku puas dan senang karena semakin banyak tahu tentang nama-nama hewan.