HETANEWS

Partai Komunis Korea Utara Bahas Tenggat Perundingan dengan AS

Dalam foto yang dirilis kantor berita resmi Korea Utara, Korean Central News Agency, tampak Pemimpin Korea utara Kim Jong Un (tengah atas) menghadiri rapat Komisi Militer Pusat Partai Pekerja Korea, 22 Desember 2019.

Hetanews.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un membuka sidang pleno Partai Komunis, Sabtu (29/12), untuk membahas berbagai kebijakan penting, termasuk tenggat akhir tahun untuk melanjutkan perundingan nuklir dengan Amerika Serikat.

Kantor berita Korea Utara melaporkan, sidang pleno itu diadakan seminggu setelah Korea Utara mengadakan pertemuan militer partai Pekerja yang berkuasa untuk membahas usaha meningkatkan kemampuan militer negara itu.

Korea Utara telah berulang kali minta Amerika supaya memenuhi tenggat akhir tahun ini untuk melonggarkan sanksi-sanksi atas Korea Utara sebagai syarat dilanjutkannya perundingan nuklir.Korea utara memperingatkan permulaan bulan ini akan mengirim “hadiah Natal” kepada Amerika apabila batas waktu itu tidak dipenuhi.

Di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara, Korea utara mengadakan dua kali “percobaan penting” untuk memperkuat kemampuan pencegahan serangan nuklirnya. Amerika Serikat memperkirakan “hadiah Natal” itu akan berupa peluncuran rudal antar benua, tapi tampaknya tidak jadi dilakukan.

Sumber: voaindonesia.com

Editor: tom.