HETANEWS

Ombudsman Temukan Lapangan Tenis di Dalam Lapas Cibinong

Ombudsman saat melakukan sidak di blok khusus pidana tipikor di lapas IIA Cibinong. Foto: Dok. Ombudsman RI

Hetanews.com - Lapas kelas IIA Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjadi salah satu lokasi inspeksi mendadak Ombudsman. Dalam sidak itu, Ombudsman mendapati beberapa hal. Salah satunya, lapangan tenis yang berada di dalam lapas.

 "Tadi saya juga sempat singgung bahwa ada lapangan tenis, lalu saya bilang ini siapa yang makai ini. ya itu yang makai penghuni blok B (blok tipikor)," kata Anggota Ombudsman Adrianus Meliala di Lapas kelas IIA Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12).

Ombudsman saat melakukan sidak di blok khusus pidana tipikor di lapas IIA Cibinong. Foto: Dok. Ombudsman RI

Adrianus pun curiga jika adanya lapangan tersebut sengaja dibuat oleh pihak napi koruptor. Agar mereka bisa bermain di dalam lapas."Saya duga penghuni blok B itulah Bravo yang membangunkan membuatkan lapangan tenis itu dan mereka juga yang main, begitu kan," ujar Adrianus.

Hal ini menimbulkan kecurigaan bahwa ada diskriminasi di antara narapidana. Ia meminta agar pihak lapas mampu memberikan keterangan."Kalau kemudian ada suara bahwa ada pengistimewaan nyatanya iya gitu kan nah ini perlu dijawab oleh Lapas Cibinong," sebutnya.

Suasana ruang tahanan di blok khusus pidana tipikor di lapas IIA Cibinong. Foto: Dok. Ombudsman RI

Sejauh ini, pihak lapas belum memberikan keterangan dan jawaban mengenai hal tersebut.Sebelumnya, Ombudsman menemukan sejumlah temuan. Salah satunya fasilitas lebih dalam sel napi korupsi.

Terlihat masing-masing sel mempunyai kamar mandi pribadi. Bahkan, beberapa di antaranya mempunyai shower. Tidak diketahui siapa napi yang menempati sel tersebutTak berhenti di situ, di selasar blok tahanan korupsi ini bahkan mempunyai 2 TV kabel berlangganan.

Kondisi ini sangat berbeda dengan blok-blok narapidana umum. Di sana, satu blok bisa mencapai 5-25 orang satu selnya. Mereka pun menggunakan kamar mandi bersama.

Sumber: kumparan.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.