Simalungun, hetanews.com - Pemandian Alam Sejuk (PAS) yang dikenal dengan Timuran, di Nagori Mariah Jambi, tampak sepi pengunjung, Sabtu (21/12/2019).

Biasanya di waktu liburan sekolah, tempat ini ramai dikunjungi, namun kini mulai ‘ditinggalkan’.

Seperti dituturkan Dewi Yanti, salah seorang pedagang, di PAS yang mengaku sempat kewalahan melayani pengunjung, saat musim liburan sekolah.

Tapi sekarang, lebih banyak duduk santai yang biasa menyediakan makanan, minuman, pondok, sewa ban dan menjual aneka gorengan, ujarnya.

Dewi mengaku, sudah setahun belakangan ini sepi dan tidak tahu penyebabnya. "Sudah hampir setahun belakangan ini sepi, nggak tahu juga kenapa sekarang sepi,"katanya.

Terlihat banyak pondokan santai tempat pengunjung membawa keluarga menunggu anak - anaknya mandi di air sejuk menjadi terlantar. Juga banyaknya kamar mandi (kamar ganti pakaian) juga terlantar.

Warung - warung di lokasi PAS juga sepi. (foto/ay)

PAS sempat jaya di masanya, airnya yang sejuk bersumber dari mata air yang mengalir, sempat menjadi salah satu objek wisata yang menarik di Kabupaten Simalungun.

Kemungkinan sepinya tempat ini sesuai pantauan Hetanews.com, karena akses jalan yang buruk untuk sampai ke tempat ini. Dari Siantar, bisa ditempuh hampir 1 jam karena rusaknya jalan.

Masyarakat sekitar yang kesehariannya berjualan di lokasi PAS, khususnya di hari Sabtu/Minggu, kini menjadi terpuruk perekonomiannya.

Mereka pun berharap, Pemerintah Kabupaten Simalungun dapat memperbaiki sarana jalan menuju tempat ini.

"Kita berharap Pemda memperbaiki akses jalan ke mari, “kata Dewi berharap.

Tempat ini memang layak dikunjungi karena tidak mengenakan tarif yang mahal. Untuk parkir roda 4 (Rp10.000) dan roda 2 (Rp5.000). Sewa pondok Rp15 ribu - Rp20 ribu. Aneka kuliner juga dibayar dengan harga yang standar.