HETANEWS.COM

Pilihan Hefriansyah daftar ke DPD PDIP Sumut, Mangapul: Kita Apresiasi

Mangapul Purba. [foto:realitas]

Siantar, hetanews.com – Sesuai dengan mekanisme partai, PDIP membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah lewat tiga pintu. Mulai dari tingkat DPC, DPD  dan DPP PDIP, penjaringan bakal calon kepala daerah dibuka seluas-luasnya dan keputusan ada ditangan DPP PDIP.

Demikian disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu [Bapilu] DPD PDIP Sumut, Mangapul Purba, saat dihubungi Hetanews, Rabu (18/12/2019) sore.

“Mekanisme kita di PDI Perjuangan ada tiga pintu pendaftaran. Ada pintu DPC, ada pintu DPD dan ada pintu DPP PDIP. Untuk DPD Sumut tanggal 20 Desember sudah tutup, selebihnya kalau ada yang mendaftar silahkan ke DPP PDIP,” jelas Mangapul.

Meski begitu, kata Mangapul, penetapan siapa calon yang akan diusung oleh partai merupakan keputusan DPP PDIP. “Jadi ada tiga pintu untuk mendaftarkan diri, tapi keputusannya hanya satu pintu, DPP PDIP,”ungkapnya.

“Kalau persyaratan sama, cuma pintu pengambilan formulirnya berbeda. Formulir DPC milik DPC, kalau formulir DPD milik DPD, hanya formulir yang beda, kalau persyaratan sama”imbuhnya.

Walikota Pematangsiantar, Hefrianyah mendaftar lewat penjaringan yang dibuka DPD PDI Sumut. Hefriansyah tidak mendaftar dari DPC PDIP Pematangsiantar. Menurut Mangapul, itu sudah sesuai dengan mekanisme partai.

“Kita kan garis lurus, orang kita berikan kebebasan mau dari pintu DPC, DPD atau DPP PDIP enggak ada masalah. Nanti siapa yang direkomendasikan belum tentu itu yang diputuskan DPP PDIP. Yang penting kita mekanisme tidak kita langgar,” katanya.

Pun demikian, sambung Mangapul, keputusan Hefriansyah mendaftar ke DPD PDIP Sumut nantinya tetap melalui mekanisme dan keputusan ada ditangan DPP PDIP. 

“Soal Hefriansyah mendaftar kita berikan apresiasi saja. Siapa nanti yang diputuskan DPP PDIP, kita tegak lurus. Memang seperti itu,”imbuhnya.

Apalagi, kata dia, setelah tahapan penjaringan dan verifikasi akan dilakukan Survey. Hasil Survey kemudian menjadi referensi siapa bakal calon yang tepat untuk diusung.

“Lembaga Survey ini akan mencari seperti apa calon yang diinginkan masyarakat Siantar. Siapa orangnya, elektabilitas, popularitasnya kemudian visi dan misi yang dipahami masyarakat tentang dia. Ini akan kita cari,” katanya.

Ia juga mengatakan penjaringan kepala daerah di Siantar-Simalungun mengalami keterlambatan. Sementara di beberapa daerah lain sudah dilakukan survey oleh lembaga survey.

Selain melakukan penjaringan, PDIP kata Mangapul, memprioritaskan kader untuk ikut maju dalam pemilihan kepala daerah. “Dorongan kita untuk kader itu pasti, karena itu keputusan kita dengan DPP PDIP. Kita prioritaskan kader. Kalau enggak nomor satu [kader]kita nomor dua,” tutupnya

Baca juga: Serius Ikut Pilkada 2020, Hefriansyah Mendaftar Melalui DPD PDIP Sumut

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan