HETANEWS

Serius Ikut Pilkada 2020, Hefriansyah Mendaftar Melalui DPD PDIP Sumut

Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah. [foto:istimewa].

Siantar, Hetanews.com - Hefriansyah memilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [PDIP] sebagai partai pengusung dirinya untuk maju sebagai calon Walikota di Pilkada Pematangsiantar 2020 mendatang. Hefriansyah mendaftar lewat penjaringan yang dibuka DPD PDIP Sumut. 

Ketua Bapilu DPD PDIP Sumut, Mangapul Purba, membenarkan jika Walikota Pematangsiantar itu mendaftar ke PDIP. Hefriansyah mengembalikan formulir pendaftaran pada Selasa (10/12) kemarin, ke DPD PDIP Sumut.

"Iya benar. Tanggal 10 kemarin sudah mengembalikan formulir," kata Mangapul, dihubungi Hetanews, Rabu (18/12/2019) sore. 

Setelah pengembalian formulir, pihaknya mencoba menanyakan keseriusan Hefriansyah maju sebagai Walikota. 

"Kita sudah melakukan komunikasi dengan beliau pada tanggal 14 Desember, kemarin. Kita tanyakan keseriusan, dan ternyata beliau serius," imbuhnya. 

Baca juga: Penjaringan Ditutup, 6 Balon Wali Kota dan 3 Balon Wakil Wali Kota Mendaftar Ke PDI Perjuangan

Meski demikian, kata Mangapul, seluruh bakal calon kepala daerah yang mendaftar di DPD PDIP Sumut masih akan diproses. Pihaknya menutup masa penjaringan, Jumat (20/12) yang akan datang.

Namun, sebelum menutup penjaringan, besok Kamis (18/12) pihaknya akan menjelaskan berkas- berkas pendaftar bakal calon Kepada Daerah ke DPP DPIP. 

"Soal Pak Hefriansyah yang sudah mendaftar, kita sekarang dalam tahap verifikasi, dan besok semua berkas [pendaftar] akan kita jelaskan ke DPP," katanya.

"Jadi tanggal 20 Desember nanti kita akan expose lagi ke DPP PDPI, jika masih  ada yang mendaftar hingga sampai tanggal 20 nanti," jelasnya menambahkan. 

Nama Hefriansyah menambah bakal calon Walikota Pematangsiantar yang mendaftar ke PDIP, selain yang mendaftar lewat penjaringan yang dibuka DPC PDIP Pematangsiantar. 

"Kita gak tau nanti sampai penutupan penjaringan ada lagi yang mendaftar. Yang pasti, ada penambahan bakal calon Walikota Pematangsiantar, selain yang mendaftar terlebih dahulu di DPC Pematangsiantar," katanya.

Untuk diketahui, DPC PDIP Pematangsiantar telah menutup masa penjaringan bakal calon walikota. Setelah itu, DPD PDIP Sumut membuka penjaringan kepada daerah, di 23 kabupaten/kota Provinsi Sumut yang mengikuti Pilkada serentak 2020.

Selain DPC dan DPD, DPP PDIP juga membuka penjaringan kepala daerah. Kemudian, penetapan siapa bakal calon kepala daerah  yang akan diusung oleh partai pemenang Pilkada 2019 ini, diputuskan oleh DPP PDIP.

Baca juga: Beredar Rumor, Hefriansyah Maju Calon Walikota dari PDI Perjuangan

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.

Komentar 1
  • Johan Ananda
    Rakyat menyarankan agar partai betul betul slektif dalam memilih juga rakyat.. apakah para calon memiliki integritas pada sisi membangun membesarkan hingga memiliki martabat pada kearipan lokal contoh memberdayakan etnis simalungun di kota siantar dan simalungun sebagai mana arahan bapak presiden dalam memberdayakan kearipan lokal..menuju pariwisata danau toba..