HETANEWS

Jokowi Soal Bursa Calon Dewas KPK: Artidjo, Albertina Ho hingga Ruki

Balikpapan, hetanews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap sejumlah nama yang diusulkan sebagai dewan pengawas (Dewas) KPK. Nama-nama tersebut mulai dari mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki hingga hakim Albertina Ho.

"Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya 5, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Presiden Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019).

Selain Albertina Ho dan Taufiequrachman Ruki, ada juga nama mantan Hakim Agung Mahkamah Agung Artidjo Alkostar. Namun, kata Jokowi, nama-nama itu masih sebatas usulan.

"Ada hakim Albertine Ho, itu tapi belum diputuskan loh ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan," tambah Jokowi sambil menambahkan nama Ketua KPK jilid 1 Taufiequerachman Ruki juga diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas.

Jokowi mengatakan nama-nama yang ada saat ini memang belum difinalkan. Namun, dia memastikan nantinya orang-orang yang terpilih sebagai Dewas adalah orang yang berkompeten dan memiliki rekam jejak yang baik.

"Saya kira itu namanya ya nanti ditunggu sehari saja kok, yang jelas nama-namanya nama yang baik lah, saya memastikan nama yang baik," katanya.

Mengenai calon dari jaksa dan ekonom, Jokowi belum mau membocorkan nama-nama mereka. Kendati demikian, Jokowi meyakinkan bahwa nama yang terpilih merupakan sosok yang baik.

"Jaksa siapa ya, ada jaksa yang tidak aktif lagi (pensiun) kelihatannya, kalau ekonom masuk biar seimbang, (anggota dewan pengawas) pasti baik-baiklah," ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik lima dewan pengawas (Dewas) KPK dua hari lagi. Jokowi membocorkan latar belakang Dewas KPK.

"Ada dari hakim, dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019).

sumber: detik.com

Editor: sella.