HETANEWS.COM

Mahkamah Agung Ringankan Vonis Delwin Purba jadi 18 Bulan

Saat terdakwa berjalan di belakang pengacaranya, usai dibui 5 tahun penjara, di PN Simalungun, beberapa waktu lalu. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - setelah mengajukan banding dan juga kasasi, Mahkamah Agung dalam putusannya No:3279 K/Pid.sus/2019, akhirnya menjatuhkan pidana hanya 18 bulan penjara, terhadap Delwin Purba (23), pemilik sepaket sabu 0,10 gram.

Sebelumnya, terdakwa divonis 5 tahun penjara, dan denda Rp.800 juta, subsider 3 bulan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Simalungun.

Lalu putusan PN Simalungun dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Medan, melalui putusannya nomor:582/Pid.sus/2019/PT.Mdn.

Namun ditingkat kasasi, ketua majelis hakim, Dr. Salman Luthan, berpendapat lain dan menyatakan "memperbaiki putusan PT Medan yang menguatkan putusan PN Simalungun, menjatuhkan pidana selama 1 tahun 6 bulan penjara.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Simalungun, menuntut Delwin  selama 7 tahun dan denda Rp800 juta subsider 3 bulan.

Hakim PN Simalungun dan jaksa, sepakat menyatakan terdakwa Delwin, bersalah melanggar pasal 112 (1) UU RI No 35/2009 tentang tanpa hak atau melawan hukum memiliki narkotika golongan I bukan tanaman.

Tapi faktanya, menurut hakim dari Mahkamah Agung, terdakwa sebagai pengguna dan sependapat dengan pengacara F Rangkuty.

Saat itu, terdakwa ditangkap saksi polisi, M Pakpahan, Abdul Muis dan Lodi PM Sihite, pada Selasa, 25 September 2018 lalu, dari depan cafe Siantar Men, di jalan Saribu Dolok-Panei Tongah, Kecamatan Panombean Pane. Dari terdakwa, petugas menyita sepaket sabu yang akan digunakan dan disimpan dalam kotak rokok Magnum.

Pengacara F Rangkuty, membenarkan, jika dirinya sudah menerima pemberitahuan salinan putusan itu dari PN Simalungun.

"Kami sudah terima dan sudah kami tandatangani, kira - kira seminggu yang lalu,"katanya kepada wartawan, Senin (16/12/2019), di Simalungun.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan