HETANEWS

Belasan Ular Kobra Ditemukan di Kloset Kamar Mandi Warga Joglo

Sembilan ekor anak ular kobra dievakuasi petugas Damkar Jakarta Timur dari halaman rumah warga di Cakung

Jakarta, hetanews.com - Belasan ular kobra ditemukan di kloset kamar mandi warga di Jalan Langgar RT04/03 Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, Minggu siang. Ular seukuran kurang lebih 20 sentimeter itu diperkirakan anakan ular kobra. 

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Eko Sumarno menyebut ular tersebut bersarang di gudang bekas kolam. "Jumlah ular kobranya sebanyak 18 ekor ada di bekas kolam, menjalar ke kamar kloset kamar mandi warga," ujar Eko di Jakarta, Minggu, 16 Desember 2019.

Eko mengatakan sebanyak satu regu damkar, dengan empat anggota mengevakuasi belasan anak ular kobra tersebut. Penanganan kurang lebih memakan waktu 30 menit.

Untuk sementara, belasan anakan ular kobra tersebut diamankan di Kantor Damkar Sektor Kembangan, Jakarta Barat. "Rencananya ular tersebut bakal di serahkan ke Yayasan Sioux Ular Indonesia di wilayah Serpong, Tangerang," kata Eko.

Hera, pemilik rumah mengatakan ular kobra tersebut ditemukan suaminya saat akan ke kamar mandi. Dia mengatakan kamar mandi tersebut memiliki saluran pipa yang terhubung dengan gudang bekas kolam pabrik milik ayahnya.

Di lokasi tersebut, karyawan pabrik maupun tetangga sekitar sering menemukan ular. , Diduga lahan kosong dan pohon bambu yang bersebelahan dengan kuburan itu menjadi sarang ular.

Namun karena kuburan yang berada dekat sarang ular tersebut baru saja direnovasi, maka ular-ular tersebut kemungkinan mencari sarang lain. "Belum lama juga tetangga saya menemukan ular sebesar paha orang dewasa ular di kloset, kepalanya mucul di tempat buang air tersebut," ujar Hera.

Tak hanya ular kobra di kloset kamar mandinya, Hera mengaku juga menemukan anak ular air yang masuk ke dalam kamar tidurnya. Karena teror ular tersebut, Hera segera melaporkan penemuan ular itu ke petugas Damkar melalui telepon dan akun Instagramnya.

Sumber: tempo.co

Editor: suci.