HETANEWS.COM

Dugaan Mark Up Dana Desa Sialang Buah Ditanggapi DPRD Sergai dengan Surati Bupati

Warga Sialang Buah saat berunjuk rasa beberapa hari yang lalu, di kantor DPRD Sergai. (foto/sutrisno)

Sergai, hetanews.com – Pihak DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) akhirnya menyurati Bupati Sergai, dengan surat nomor: 170/35953/2019, tertanggal 03 Desember 2019, peihal dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu.

Surat yang dilayangkan wakil rakyat itu, menindaklanjuti unjuk rasa Forum Komunikasi Sialang Buah Bersatu (FKSB), yang berlangsung di halaman Kantor DPRD Sergai, di Sei Rampah, pada Senin (2/12/2091), lalu.

Perhatian yang diberikan pihak DPRD Sergai itu, mendapatkan apresiasi dari masyarakat Desa Sialang Buah.

Bosmen (35), warga Dusun IV, Desa Sialang Buah, kepada wartawan, Sabtu (14/12/2019) malam, di kediamannya, mengatakan, warga desa Sialang Buah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada DPRD Sergai, terkhusus pimpinan sementara DPRD Sergai, masa jabatan 2019-2024.

“Yang dari awal menerima kedatangan puluhan masyarakat yang melakukan aksi, menyampaikan aspirasinya, hingga menindaklanjuti aspirasi tersebut dengan mengirimkan surat kepada Bupati Sergai,”ucapnya.

Selain itu, kami juga berharap agar Pemkab Sergai melalui Inspektorat, dapat menindaklanjuti dan merespon cepat aspirasi masyarakat tersebut dengan profesional, sehingga mengungkap kebenarannya, harapnya.

Hal senafda dikatakan Pahala Siahaan (40), warga Dusun III, Desa Sialang Buah yang juga mengapresiasi pimpinan sementara DPRD Sergai, yang dianggap peduli rakyat dan tidak pernah 'kabur' saat masyarakatnya menyampaikan aspirasi.

Kami siap mendukung program pimpinan DPRD Sergai, dr. Riski Ramadhan Hasibuan untuk kepentingan masyarakat dan semoga bapak selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa, katanya.

Sebelumnya, puluhan masyarakat Desa Sialang Buah, terlihat membawa sejumlah poster yang bertuliskan diantaranya "usut tuntas dana desa kami, usut dugaan mark up pembangunan saluran irigasi tahun anggaran 2017-2018-2019, serta transparansikan sistim keuangan desa dan kinerja Pemerintah Desa".

Koordinator aksi, Muhammad Yusuf Simanjuntak dalam orasinya mengatakan, mereka mempertanyakan Dana Desa dalam realisasi penggunaannya,  transparansi anggaran Dana Desa, dugaan mark up sejumlah pembangunan yang juga tidak melibatkan masyarakat dalam pengerjaannya/swakelola, fungsikan kinerja BPD, dan juga banyak program Pemerintah Desa Sialang Buah yang dinilai tidak tepat sasaran.

"Kami minta Inspektorat mengaudit anggaran Dana Desa Sialang Buah Tahun 2017, 2018 dan 2019 serta kepada DPRD Sergai, kami mohon dengarkan aspirasi ini agar segera ditindaklanjuti,"harap warga.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!