HETANEWS

Atlet Sumut Sumbang 4 Emas untuk Tim Indonesia di SEA Games Manila

Atlet boling asal Medan, Aldila Indryati, meraih emas pada SEA Games Manila. Tribun Medan/Victory Arrival Hutauruk

Hetanews.com - Sebanyak 10 atlet kota Medan turut berlaga membela merah putih pada gelaran akbar pesta olahraga se-Asia Tenggara yakni SEA Games yang berlangsung di Filipina 30 November-11 Desember 2019. 

Pada ajang tersebut, para atlet yang juga mewakili provinsi Sumut itu turut berkontribusi menyumbangkan diantaranya 4 medali emas bagi kontingen Indonesia. Istimewanya keempat medali emas tersebut dihasilkan oleh atlet-atlet asal Kota Medan yang mewakili Sumatera Utara di ajang dua tahunan itu.

"Kita ucapkan selamat tentunya kepada para  atlet. Total ada 7 medali yang diraih atlet Medan di pentas multi event bergengsi ini dengan rincian 4 emas, 1 perak dan 2 perunggu," ujar Ketua Umum (Ketum) KONI Medan Eddy H Sibarani, Sabtu (14/12/2019).

Atas pencapaian pada perhelatan SEA Games Filipina tahun ini, Eddy mengaku sangat bangga. Dia pun turut mengapresiasi sukses yang diraih atlet-atlet Kota Medan. Dia mengaku bersyukur bahwa atlet asal kota Medan kembali berkontribusi positif menambah pundi-pundi medali kontingen Indonesia di arena SEA Games 2019.

"Kita tentu sangat bangga dan mengapresiasi, karena semua medali emas hasil kontribusi atlet-atlet Sumut di SEA Games 2019 dihasilkan atlet Kota Medan. Termasuk dari Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang tentunya bangga dan terus mensupport pembinaan atlet di kota Medan ini," imbuhnya.

Eddy juga mengatakan, pencapaian atlet Kota Medan diharapkan bisa melecut semangat atlet-atlet lain khususnya atlet muda di kota Medan. 

Dia juga ingin agar pencapaian atlet Medan ini bisa menjadi motivasi untuk mendorong para atlet terutama yang sedang dipersiapkan untuk berlaga di ajang PON 2020 dan PON 2024 lewat pembinaan atlet Prioritas dan atlet Unggulan.Dia berharap para atlet semakin bersemangat berlomba meraih prestasi hingga event internasional.

"Pencapaian di arena SEA Games, sebagai ajang persaingan antar negara tentu menjadi impian setiap atlet. Dan hal itu tidak mustahil jika kita sungguh-sungguh bersiap dan berlatih," tambahnya.

Indonesia sendiri menempati peringkat empat klasemen medali SEA Games 2019 dengan raihan 72 medali emas, 84 perak dan 111 perunggu. Tuan rumah Filipina keluar sebagai juara umum, disusul Vietnam serta Thailand di tempat kedua dan ketiga.

Adapun 4 medali emas yang diraih atlet Kota Medan di SEA Games 2019 masing-masing disumbangkan oleh Aldila Indryati dari boling, Hardi Rahmadian (Boling), Silvester G Manik (Polo Air) dan Harris Horatius (Wushu).Haris Horatius juga turut menyumbang 1 medali perak lagi dan Hardi Rahmadian menambah medali 1 perunggu. Sedangkan 1 perunggu lain atas nama Aulia Abdul Gofar (Sepatu Roda).

"Dari total 25 atlet/ofisial asal Sumut yang berlaga di arena SEA Games 2019 bersama kontingen Merah Putih, tercatat ada 15 dari Medan atau sekitar 60 persen. Kita ingin persentase semakin meningkat seiring dengan visi mewujudkan Medan sebagai Kota Atlet," tutupnya.

Untuk diketahui, selain menyumbangkan atletnya, kota Medan juga turut mengirimkan 5 ofisial untuk bertugas di ajang olahraga bergengsi dua tahunan tersebut. Mereka adalah adalah: Achmad Fadil Nasution (pelatih Cabor biliar), Dr Novita (pelatih wushu), Iwan Kwok (manajer wushu), Dony Darmawan (pelatih karate) dan Deni Zulfendri (pelatih kuras).

Sumber: tribunnews.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.