HETANEWS.COM

Kapolres Tebing Tinggi Inspektur Upacara Peringatan Peristiwa 13 Desember

Moment ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kota Tebing Tinggi usai upacara peringatan peristiwa 13 Desember.

Tebing Tinggi, hetanews.com - Kapolres Tebing Tinggi, AKBP Sunadi, S.IK, bertindak sebagai inspektur upacara, peringatan peristiwa 13 Desember 1945, dan AKP P Manurung, bertindak sebagai perwira upacaram di Taman Makam Pahlawan setempat, Jumat (13/12/2019), sekitar pukul 07.30 WIB.

Upacara tersebut, tampak dihadiri Wakil Walikota, Ir. Oki Doni Siregar, Kajari M. Novel SH MH, Dandim 02/04 Ds, Letkol Kav Syamsul Arifin SE, M.Tr (Han), Ketua DPRD, Basyarudin Nasution, Wakaden- B Brimob, Kompol Novrizal, para Perwira TNI-Polri, pejabat Pemko Tebing Tinggi, ASN, pelajar, Camat, dab Lurah se Kota Tebing Tinggi.

Kegiatan  dirangkai dengan berbagai acara, diawali dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan, dilanjutkan tabur bunga di Titi Gantung dan pemakaman Pahlawan tanpa nama, di Kelurahan Bulian, Kota Tebing Tinggi, serta peletakan karangan bunga, di Tugu 13 Desember 1945.

Dandim 0204/DS, membacakan pidato Walikota Tebing Tinggi yang mengatakan, bahwa hari ini, 74 tahun silam, tepatnya 13 Desember 1945, terjadi suatu peristiwa bersejarah di Kota Tebing Tinggi, yaitu pembantaian massal oleh tentara Jepang kepada pemuda pemudi Kota Tebing Tinggi yang menelan ribuan korban.

Mereka gugur semata-mata hanya untuk mempertahankan kemerdekaan yang baru saja diproklamirkan, pada 17 Agustus 1945.

Untuk itu, peristiwa bersejarah ini tidak boleh dilupakan oleh segenap bangsa, khususnya oleh putra putri Kota Tebing Tinggi, ucapnya.

Karena dalam peristiwa bersejarah ini banyak catatan yang harus terus dilestarikan, terutama oleh generasi muda yaitu semangat persatuan dan kesatuan, jiwa Patriotik, rela berkorban nyawa sekalipun demi bangsa dan Negara, tambahnya.

Dimana di dalam peristiwa tersebut, tidak ada perbedaan suku maupun agama, semua menjadi satu untuk merdeka atau mati. Dan semangat ini harus tetap kita lestarikan bersama dan sangat relevan untuk terus dikobarkan.

Terakhir, dia mengatakan, zaman boleh berubah namun semangat persatuan dan kesatuan serta jiwa patriotik yang sudah diwariskan oleh pejuang pendahulu kita harus tetap abadi.

Penulis: wh. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!