Siantar, hetanews.com

Seekor bayi Harimau Sumatera lahir pada tanggal 4 Mei 2014 lalu di Taman Hewan Pematangsiantar (THP). Saat ini kondisi hewan langka itu dalam perawatan intensif  dan belum bisa dilihat umum.

“Belumlah, masih dalam perawatan intensif. Karena dia gak menyusu jadi kita harus lebih beri perhatian lagi,” sebut Manager THP, Nandang Suaidah, Minggu (18/5/2014).

Menurutnya, bayi hewan yang bernama latin Panthera Tigris Sumatra tersebut dari pasangan Arnold dan Manis. Arnold merupakan harimau jantan berusia 15 tahun, sedangkan Manis 9 tahun. Sementara bayi harimau itu diberi nama Pangeran, dan hingga saat ini masih berada di ruang inkubator Mess THP.

“Lama kehamilan induknya (Manis) kurang lebih 103 hari. Saat kelahiran, kami sempat kewalahan, karena tim dokter sedang tak ada di tempat. Kita hubungi cepat-cepat langsung dating dokter hewannya,” ucap Nandang.

Lanjutnya, dengan kelahiran Pangeran, kini jumlah harimau di THP bertambah menjadi lima ekor. Sebelumnya, koleksi Harimau Sumatera di THP ada empat ekor, yakni Arnold, Manis, Jendral, dan Geboy.

Dia juga menyebutkan, kelahiran bayi harimau Sumatera merupakan bukti bahwa pihaknya selama ini murni menjaga kelestarian satwa. Menurutnya, itu menjadi bukti jika tudingan-tudingan selama ini senjata politik tidak benar. (sumber tribunews)