Medan, hetanews.com - Percobaan perampokan dialami oleh sopir mobil rental di jalan Pasar V, Kebun Kelapa Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang Kamis, (12/12/2019).

Pelakunya adalah Heriko Syahputra (34), warga Kabupaten Batubara, yang berpura-pura menjadi penumpang. Saat ini ia telah ditahan oleh Polsek Beringin.

Sopir yang menjadi korban kejahatan Heriko adalah Risma Togatorop (61) warga Kelurahan Bangun Mulya, Kecamatan Medan Amplas, Medan.Ia juga merupakan pensiunan Polri.Saat diwawancarai di Polsek Beringin, Risma Togatorop menceritakan, kejadian percobaan perampokan terjadi sekira pukul 14.00 WIB.

Sebelumnya ia menyebut sedang mangkal di area timbangan simpang Kayu Besar Tanjungmorawa.Saat itu pelaku memintanya untuk mengantarkannya ke sebuah hotel di Beringin."Karena sepakat ongkosnya Rp 65 ribu ya saya mau antar dia."Kalau ongkosnya cuma Rp 65 ribunya.Karena sepakat ya kuantarlah.

Aku pun sebenarnya tidak tahu hotel yang dia maksud itu di mana lokasi pastinya.""Karena agak jauh kulihat sempat aku minta tambah sama dia di jalan.Tolong lah ya nanti ditambahi ku bilang karena jauh, dijawabnya sempat ia tapi rupanya dikeluarkannya pisau ke arahku," kata Risma.

Ancaman dan perlakuan yang telah dibuat oleh pelaku saat itu, lanjut Risma Togatorop membuat laju kendaraan sudah tidak terkendali lagi.

Mobil terhenti setelah menabrak pohon sawit yang ada di pinggir jalan.Ia pun sempat memberi tendangan dengan kaki sebelum pelaku keluar dari mobil untuk melarikan diri.Togatorop sempat mendapat pertolongan pertama di RSUD Deliserdang.

Namun karena kondisinya hanya mengalami luka ringan ia pun kemudian bisa keluar dari rumah sakit dan berobat jalan.Sementara itu setelah melakukan aksinya pelaku pun sempat ditangkap oleh warga dan dibawa ke Polsek Beringin.

Heriko Syahputra (34) perampok yang tertangkap warga setelah melakukan aksi mengaku tidak mengetahui kalau orang yang ia rampok adalah pensiunan Polri."Enggak tahu (kalau polisi). Aku orang Tebingtinggi," kata Heriko yang diwawancarai di sel Polsek Beringin Kamis, (12/12/2019).

Saat diwawancarai, Heriko lebih banyak menundukkan kepada dan berdiam diri.Informasi yang dikumpulkan di Polsek Beringin aksi percobaan perampokan ini dilakukan sendiri oleh Heriko

Mobil Toyota Avanza bewarna hitam milik Risma Togatorop. (Tribun Medan/Indra Gunawan)
Mobil Toyota Avanza bewarna hitam milik Risma Togatorop. (Tribun Medan/Indra Gunawan)

Ia disebut-sebut sudah mempersiapkan aksi ini dengan matang.Adapun targetnya adalah mobil rental milik Risma yang sempat memberikan perlawanan ketika hendak dirampok oleh Heriko.

Saat ditemukan di dalam tasnya pihak kepolisian pun menemukan berbagai alat pendukung perampokan mulai dari obeng, pisau hingga mancis berbentuk pistol.Saat ini pihak kepolisian pun sedang mendalami kasus ini.

Belum dapat dipastikan apakah pelaku memang sudah sering melakukan aksi serupa atau tidak. Ia pun masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Beringin."Anggota kita yang kebetulan sedang patroli tadi berhasil mengamankan pelaku dari sekitar TKP.

"Ini masih kami periksa dulu pelakunya.Kalau korbannya hanya mengalami luka gores di bagian dada dan sudah mendapat pertolongan pertama tadi di rumah sakit.Modusnya pura-pura jadi penumpang," kata Kapolsek Beringin, AKP Maritua Karyana Lumbantobing. 

Baca juga: Pensiunan Polisi Dirampok di Deliserdang saat Jadi Sopir Mobil Rental, Pelaku Dihajar

Sumber: tribunnews.com