Medan, hetanews.com - Percobaan perampokan dialami oleh sopir mobil rental di jalan Pasar V, Kebun Kelapa Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang Kamis, (12/12/2019).

Pelakunya adalah Heriko Syahputra (34), warga Kabupaten Batubara, yang berpura-pura menjadi penumpang. Saat ini ia telah ditahan oleh Polsek Beringin.

Sopir yang menjadi korban kejahatan Heriko adalah Risma Togatorop (61) warga Kelurahan Bangun Mulya, Kecamatan Medan Amplas, Medan.Ia juga merupakan pensiunan Polri.

Saat diwawancarai di Polsek Beringin, Risma Togatorop menceritakan, kejadian percobaan perampokan terjadi sekira pukul 14.00 WIB.

Sebelumnya ia menyebut sedang mangkal di area timbangan simpang Kayu Besar Tanjungmorawa.Saat itu pelaku memintanya untuk mengantarkannya ke sebuah hotel di Beringin.

"Karena sepakat ongkosnya Rp65 ribu ya saya mau antar dia.Tapi itulah, rupanya di TKP langsung dipegangnya pisau dan diayun-ayunkannya ke arahku.

Kena dadaku pisau itu dan sempat juga aku kena pukulannya di bagian kepala ini," ujar Risma Togatorop menceritakan kronologis kejadian.Pada situasi itu pensiunan Polri dengan pangkat terakhir Iptu dan bertugas di Polsek Tanjungmorawa itu langsung berusaha untuk melawan.

Ia pun menendang Heriko.Terkejut karena korban melakukan perlawanan dengan keras, Heriko keluar dari mobil dan melarikan diri."Padahal orangnya lembut kali dari awal.Saya tanya di mana rumah sebenarnya?

Dijawabnya pelan, di Batubara.Ya, lembut betul suaranya.Rupanya seperti itu kelakuannya.Alasan dia mau menjumpai bosnya di hotel makanya dia minta antar karena mau ada acara di sana,"

kata Risma yang sempat mendapat perawatan di RSUD Deliserdang Kamis, (12/12/2019).Mobil Toyota Avanza bewarna hitam milik Risma Togatorop kini sudah diamankan di Polsek Beringin.

Karena saat diancam dirinya panik dan tidak lagi melihat jalan mobil pun sempat menabrak pohon sawit yang ada di pinggir jalan.Tampak bagian depan rusak berat termasuk kacanya.Airbag mobil juga tampak keluar.

Mantan Bhabinkamtibmas

Kapolsek Beringin, AKP Maritua Karyana Lumbantobing menyebut pihaknya kini sudah berhasil mengamankan pelaku.Disebut kalau modus yang dilakukan oleh pelaku adalah dengan cara berpura-pura jadi penumpang.Saat ini pihaknya pun masih mendalami apakah pelaku baru pertama kali melakukan atau memang sudah sering.

" Anggota kita yang kebetulan sedang patroli tadi berhasil mengamankan pelaku dari sekitar TKP.Ini masih kita periksa dulu pelakunya.

Kalau korbannya hanya mengalami luka gores di bagian dada dan sudah mendapat pertolongan pertama tadi di rumah sakit,"kata AKP Maritua yang ditemui di Polsek Beringin.

Kasus ini merupakan kasus pertama yang ditangani oleh AKP Maritua.Pada pagi harinya ia baru saja mengikuti serahterima jabatan di Mapolres Deliserdang menggantikan Kapolsek AKP Bambang Herianto yang dimutasi dan mendapat promosi jabatan di Polda Sumut.AKP Maritua sendiri sebelumnya adalah Wakapolsek Delitua.

Karena korbannya adalah pensiunan Polri, AKP Maritua pun sempat berbincang bincang dengan Risma Togatorop.Saat itu ia lebih banyak bertanya dimana saja pernah bertugas. Atas pertanyaan itu dirinyapun menjelaskan dimana-mana saja pernah bertugas.

" Saya terakhir jadi Bhabinkamtibmas di Desa Nogorejo Kecamatan Tanjungmorawa.Selain di Tanjungporawa saya juga pernah tugas di (Polsek) Lubukpakam.Ya karena sudah pensiun ya seperti inilah kerja saya.Sudah mau empat tahun juga saya pensiun,"kata Risma Togatorop.

Beberapa personil Polsek sempat menyapa Risma Togatorop karena memang mengenal sosoknya.Beberapa diantara personil itupun ada yang menyebut kalau Risma Togatorop adalah mantan Komandannya dulu.

Sumber: tribunnews.com