HETANEWS

Di Depan Sri Mulyani, Mensos Janji Perbaiki Penyaluran PKH

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyerahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Sukmajaya, Kota Depok, Selasa, 12 Februari 2019. Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan kepada para keluarga penerima manfaat PKH untuk menggunakan bantuan tersebut dengan baik dan benar.

Jakarta, hetanews.com - Menteri Sosial Juliari Batubara berjanji akan memperbaiki penyaluran anggaran pada Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 juta keluarga penerima manfaat. Komitmen itu kembali disampaikan Juliari di depan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, saat hadir di acara World Bank di Energy Building, Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.

Sebelumnya, lembaga Ombudsman RI menemukan kasus maladministrasi PKH. "Jadi itu masalah database dan kami lagi improve," kata Juliari, Rabu,

Sebelum Juliari berbicara, Menkeu Sri Mulyani juga sedikit menyinggung bahwa urusan maladministrasi ini menjadi tanggung jawab Kemensos yang menjalankan PKH.

Temuan maladministrasi ini pertama kali disampaikan oleh Ombudsman RI pada Selasa kemarin. Temuan itu di antaranya adalah belum pengelolaan data calon penerima PKH dari E-PKH ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial belum terintegrasi.

Lalu, lambatnya proses penanganan pengelolaan pengaduan yang dilakukan Kemensos ketika ada masalah di tingkat daerah. Terakhir, tidak tersedianya pelayanan khusus di unit layanan Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara kepada penerima bantuan sosial.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat juga telah menerima laporan temuan dari Ombudsman tersebut. "Kami terus berupaya melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam penyaluran PKH," kata dia kepada wartawan.

Sumber: tempo.co 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.