HETANEWS

Cerita Mantan Caleg DPRD Pematangsiantar, Puteranya Lulus Taruna Imigrasi

Maruba Sinaga [kanan] dan puteranya, Todo Sinaga. [foto:istimewa]

Siantar, hetanews.com – Mantan Caleg DPRD Pematangsiantar, Maruba Sinaga, punya cerita dibalik gagalanya duduk di kursi wakil rakyat pada Pileg 2019 di Pematangsiantar. Maruba bersyukur puteranya lulus sebagai Taruna Muda Imigrasi Tahun 2019. 

P. Todo Rejeki Sinaga, putera dari Maruba  diterima sebagai Taruna Imigrasi dibawah naungan Kemenkumham RI disaat dirinya gagal jadi anggota DPRD Pematangsiantar.

Todo berhasil menyisihkan ribuan peserta dan lolos di peringkat 62 dari 300 peserta se Indonesia, setelah menempuh masa pendidikan  basis di Komando Lintas Laut Militer [Kolinlamil] TNI Angkatan Laut [AL].

Ia telah dilantik oleh Sekjen Kemenkumham pada tanggal 09 Desember 2019 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia [BPSDM] Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Sebelum meraih keberhasilan itu, Todo pernah  dua kali gagal mengikuti seleksi Akpol. Kegagalan itu menjadi pelajaran bagi dirinya lalu bangkit untuk meraih cita-cita dibarengi doa yang ia selalu panjatkan.

Meski saat ini fokus menjadi Taruna Imigrasi, ia masih tetap melanjutkan studinya di Fakultas Hukum di Universitas Medan Area [UMA]. Keberhasilan Todo, menambah daftar anak  Siantar yang lulus dan mengecap pendidikan di Pendidikan Teknis Keimigrasian [PTK]. 

“Ini bukan semata mata tanpa perjuangan yang sangat berat dan melelahkan bolak balik Medan-Jakarta dalam proses seleksi serta pengorbanan waktu untuk belajar dan berlatih,” ungkap Maruba, Selasa (10/12/2019).

Mantan Caleg dari Partai Perindo ini tak luput member ucapan terimakasih kepada Bimbingan Belajar [Bimbel] Sukses Meraih Masa Depan tempat Todo menimba ilmu.

Ucapan terima kasih, Maruba Sampaikan kepada Siti boru Sitanggang, Esron Nadapdap sebagai koordinator Bimbel, para Tentor dan Psikolog.

“Terimakasih atas motivasi dan arahan yang tidak jemu  mendukung sehingga berhasil sampai saat ini terlebih buat seluruh rekan sekampus putraku di FH UMA Angkatan 2017," ujarnya pria yang bekerja sebagai Advokat ini.

Maruba mendukung penuh sistim penerimaan seleksi PTK yang bersih, transparan, dan bermutu. Menurutnya, ini merupakan salah satu cara mencari SDM yang unggul.

"Dalam pemerintahan presiden Jokowi  periode ke 2 ini menitik beratkan terhadap SDM Unggul indonesia Maju  dengan mengutamakan mutu dan kualitas untuk para calon pemimpin yang berintegitas tinggi,” tutup mantan staf ahli salah satu Kementrian ini.

Baca juga: Maruba Sinaga Bersedia Menyumbang Gaji Jika Terpilih Sebagai Anggota DPRD Siantar

Penulis: gee. Editor: edo.