HETANEWS

8 Alasan Kenapa Manfaat Terong Sangat Dianjurkan Demi Tubuh Sehat dan Bugar

Seorang wanita sedang memegang sayur terong. http://www.mediakesehatan.tk

Hetanews.com - Terong adalah sayuran yang berasal dari India dan Sri Lanka. Tanaman dengan nama ilmiah Solanum Melongena ini mempunyai cita rasa yang nikmat jika sudah diolah. Terong kerap dimasak dengan cara digoreng, direbus, hingga dibakar

Berbagai tumis yang memakai terong sebagai bahan dasarnya selalu diburu banyak orang. Sup yang memakai terong juga tak kalah lezat. Di balik kelezatan itu, tahukah kamu apa saja manfaat terong bagi kesehatan manusia?

Manfaat terong yang disarankan untuk badan

Apapun jenis terongnya, pasti punya kandungan gizi yang beragam. Kandungan gizi itulah yang dimanfaatkan banyak orang untuk menunjang kesehatan seseorang. Kalau ingin mulai merasakan manfaat terung, simak penjelasannya di bawah ini!

1.Menambah nutrisi bagi otak

Menutrisi Otak | www.pexels.com  https://keepo.me/lifestyle/ragam-manfaat-terong/ Editor:FR Laluna
Menutrisi Otak | www.pexels.com

Hampir semua bagian terong berguna untuk kesehatan manusia, tak terkecuali bagian kulitnya.Bagian kulit terung kaya akan nasunin. Nasunin merupakan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan otak.

Zat tersebut bisa melindungi membran sel otak akan serangan radikal bebas. Selain itu, nasunin juga berfungsi untuk melancarkan distribusi gizi di sel tubuh. Bukan hanya nasunin, terong punya nutrisi lain yang baik untuk otak, yakni antosianin.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan The British Journal of Nutrition 2010 silam, dikatakan jika antosianin bertanggung jawab dalam pemicu peredaran darah ke otak. Kandunga itu juga bisa mencegah peradangan saraf otak.

Dengan begitu, manfaat terong ungu adalah sejumlah penyakit dan gangguan fungsi kognitif otak yang berasal dari penuaan bisa dicegah. Daya ingat akan bertambah jika kamu rajin mengonsumsinya.

2.Mencegah kanker

Cegah Kanker | unsplash.com
Cegah Kanker | unsplash.com

Terung ungu dan terong Belanda bisa mencegah kanker. Manfaat terong ungu bisa dilihat dari kandungannya yakni polifenol, asam klorogenat, dan antosianin.

Ketiga zat itu dapat mencegah pertumbuhan tumor dengan baik dan menghentikan penyebaran sel kanker dalam tubuh.Zat tersebut juga bisa memicu produksi enzim khusus di sel yang bertugas untuk membuang racun tubuh dan mematikan sel kanker.

Kandungan asam klorogenat sendiri bersifat antimutagen. Itu artinya, manfaat terong belanda dari senyawa adalah untuk melawan mutasi gen yang menjadi pemicu kanker.

Sebagai tambahan, sebagaimana yang dilansir dalam Health Line, terong ungu mempunyai kandungan solasodine rhamnosyl glycoside. Kandungan itu bisa memicu kematian di sel kanker dan mencegah sel kanker tertentu kambuh.

3.Mengendalikan kadar kolesterol

Kendalikan Kadar Kolesterol | flonimal-nesia.blogspot.com
Kendalikan Kadar Kolesterol | flonimal-nesia.blogspot.com

Rutin mengonsumsi terong dapat membantumu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Terong kaya akan senyawa asam klorogenat.

Manfaat terong ungu dari senyawa tersebut adalah bisa menurunkan LDL atau Lipoprotein Densitas Rendah alias kolesterol jahat dalam tubuh.Hal itu diperkuat dengan tidak adanya kandungan kolesterol dalam terong.

Jadi, sayuran ini sangat aman dikonsumsi penderita diabetes. Kemudian fungsi lain dari asam klorogenat adalah berperan sebagai antimikroba, antivirus, dan antikarsinogen. Bonus sehatnya melimpah jika kamu rutin makan terong.

4.Mengontrol kadar gula darah

Kontrol Gula Darah | www.pexels.com
Kontrol Gula Darah | www.pexels.com

Terong ungu bisa mengontrol kadar gula darah. Setiap makanan tinggi serat pasti bisa mencegah kenaikan kadar gula darah.Terong adalah salah satu makanan yang kaya akan serat. Sayuran ini bisa melambatkan proses pencernaan supaya penyerapan gula juga melambat.

Kemudian, kandungan polifenol dalam terong ungu mampu mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin.Karena itu jika kamu rutin memakannya, manfaat terong yang terasa adalah kadar gula darah akan selalu terkontrol.

5.Mengurangi berat badan

Kurangi Berat Badan | unsplash.com
Kurangi Berat Badan | unsplash.com

Salah satu bahan makanan yang bagus digunakan saat diet adalah terong ungu dan terong Belanda. Terong tersebut bagus untuk menurunkan berat badan. Rendah kalori dan tinggi serat, sayuran itu bisa kamu masukkan dalam menu makan sehari-hari.

Ada baiknya untuk mengolah terong dengan minim gula dan garam. Kalau bisa juga jangan digoreng untuk memaksimalkan manfaat terong belanda. Sebagai gantinya, kamu bisa membakar terong dan gunakan sebagai lalapan makan siang atau makan malammu.

6.Menjaga kesehatan jantung

Jaga Kesehatan Jantung | www.pexels.com
Jaga Kesehatan Jantung | www.pexels.com

Terung memiliki kandungan kalium, serat, vitamin B6, vitamin C, serta fitonutrien. Kandungan itu membuat terong baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Belum lagi dengan adanya pigmen larut air atau flavonoid di terong yang bisa mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung.Berdasarkan studi pada 2012 yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan jika salah satu jenis flavonoid yang mujarab untuk melindungi kesehatan jantung ialah antosianin.

Zat pigmen itu juga bisa menurunkan tekanan darah seseorang.Kandungan itu bisa kamu temukan pada terong. Manfaat terong ini bisa menjadi alternatif untuk penjagaan kesehatan organ vital itu, ya.

7.Menjaga kesehatan kulit

Jaga Kesehatan Kulit | unsplash.com
Jaga Kesehatan Kulit | unsplash.com

Manfaat terong ungu lainnya adalah bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang 92%-nya adalah air dalam terong jenis ini mampu memberikan nutrisi pada kulit dan melancarkan peredaran darah.

Dengan peredaran darah yang lancar, kulit jadi sehat dan cerah.Untuk mencoba manfaat terong ini, kamu bisa membuatnya menjadi masker wajah. Masker wajah dari terong bisa melembabkan, mencerahkan kulit, serta menghilangkan bekas jerawat. Bye kulit kusam, selamat datang kulit kenyal sehat!

8.Mengatasi problem sistem pencernaan

Atasi Masalah Sistem Pencernaan | www.pexels.com
Atasi Masalah Sistem Pencernaan | www.pexels.com

Khasiat yang terakhir ada manfaat terong Belanda yang baik untuk sistem pencernaan. Terong Belanda mengandung serat yang tinggi.

Jika rutin mengonsumsinya, berbagai masalah dalam pencernaanmu bisa dituntaskan.Dengan manfaat terong Belanda kamu bisa lancar buang air besar, mengurangi sembelit, serta meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Feses jadi lebih mudah melewati usus besar.

Sumber: keepo.me

Editor: tom.