HETANEWS

DPC Partai Demokrat Simalungun Buka Pendaftaran Balon Bupati, Ini Tahapan dan Syaratnya

Ketua penjaringan, Dadang Pramono SP, didampingi Sekretaris, Surya Budi, Ketua Fraksi, Johanes Sipayung, Walpiden Tampubolon ST, Ernasari Purba, dan Andre Andika Sinaga SPd.

Simalungun, hetanews.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Simalungun, membuka pendaftaran bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati.

Hal itu disampaikan Ketua Penjaringan, Dadang Pramono SP, didampingi Sekretaris, Surya  Budi, Ketua Fraksi, Johanes Sipayung, Walpiden Tampubolon ST, Ernasari Purba, dan Andre Andika Sinaga SPd, Senin (9/12/2019) lalu, pukul 13.00 WIB.

Dijelaskan, pengambilan formulir digelar mulai tanggal 9 Desember hingga 23 Desember 2019 mendatang dan pengembalian formulir, 7 Januari 2020 sampai 14 Januari 2020.

Masih katanya, Partai Demokrat memiliki tujuh kursi di legislatif, dan terbuka untuk seluruh kader terbaik dan masyarakat luas yang berkeinginan mengabdi untuk membangun Kabupaten Simalungun, lima tahun kedepan.

"Dengan tujuh kursi yang kita miliki, maka sesuai dengan Undang-undang, balon Bupati yang akan diusung Partai Demokrat harus berkoalisi dengan parpol lainnya," ujarnya.

Dijelaskannya, terkait adanya informasi yang beredar, bahwa Partai Demokrat sudah memutuskan untuk mendukung salah satu balon Bupati, hal itu dengan tegas dibantah Dadang Pramono.

"Kita masih tahapan melakukan penjaringan, sehingga jika ada yang klaim sudah mendapat dukungan dari Partai Demokrat, itu tidak benar adanya,"tegasnya.

Dikatakannya, sesuai time line internal penjaringan dan pendaftaran, maka Desember2019 - Januari 2020, DPC yang mengikuti Pilkada tahun 2020 melakukan penjaringan balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Lalu, tanggal 1 - 7 Februari 2020, penyampaian visi dan misi balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, bersama DPC dan DPD.

Dan di bulan Februari - Maret 2020, survey balon Kepala Daerah dan wakil. Tanggal 9 – 11 Maret 2020, penyampaian hasil survey dan finalisasi laporan ketua DPC bersama Korda, kepada DPD, ujarnya.

Kemudian, tanggal 20 - 25 Maret 2020, paparan hasil finalisasi ke DPP oleh DPD.

Sedangkan syarat pendaftaran balon Bupati/Wakil Bupati, diantaranya, melampirkan formulir pendaftaran, surat kesediaan menjadi calon Bupati/Wakil Bupati, surat pernyataan tidak akan mengundurkan diri sebagai pasangan calon, pakta inetgritas, melampirkan rekening koran tiga bulan terakhir, soft copy dan hard copy visi dan misi balon Bupati dalam bentuk video.

Dan saat ditanyakan, soal pengunduran diri Amran Sinaga, selaku Wakil Ketua 1 DPD Partai Demokrat Simalungun, Dadang Pramono mengaku, pihaknya sangat menyayangkan pengunduran diri tersebut.

"Kita sangat menyayangkan, terutama beliau (Amran Sinaga-red) merupakan murni kader Partai Demokrat yang digadang-gadang maju sebagai Balon Bupati Simalungun,"sebutnya.

Ditegaskannya, Partai Demokrat hingga saat ini belum menetapkan calon Bupati/Wakil

Bupati karena semua sesuai dengan tahap penjaringan. “Calon yang akan diusung harus sesuai dengan AD/RT dan tahapan penjaringan. Sesuai amanat dari DPD yang menargetkan menang 50 persen di 23 kabupaten/kota,"katanya mengakhiri.

Penulis: tim. Editor: gun.