HETANEWS.COM

Peternak Babi di Damar Sari Minta DPRD Tebing Tinggi Panggil Kadis Pertanian

Peternak babi sedang melihat babi peliharaannya yang bermatian, Selasa (10/12/2019). (foto/wh)

Tebing Tinggi, hetanews.com - Para peternak babi di Kelurahan Damar Sari, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi, meminta DPRD setempat untuk memanggil Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Marimbun Marpaung.

Pasalnya, warga peternak kesal atas matinya  ternak babi mereka, setelah dilakukan penyemprotan dan penyuntikan oleh petugas PPL.

"Kami harapkan anggota dewan, khususnya yang terpilih dari daerah pemilihan (dapil) 1 untuk rapat bersama Kadis dan peternak, agar dapat memberikan solusi," kata beberpa warga, Lando Rajagukguk, didampingi Donal Gultom, D Tanjung, Sangul, Candra Sipahutar, Pinta Br Sinaga, Dina Br Sirait, dan Ramli Rajagukguk, kepada wartawan, Selasa (10/12/2019).

Menurut warga, penyemprotan ke kandang dan penyuntikan ternak babi oleh petugas, malah membuat ternak babi bermatian.

Para peternak babi di Kelurahan Damar Sari, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi, yang mengeluhkan ternak babi mereka bermatian. (foto/wh)

"Langkah yang dilakukan semakin menjatuhkan perekonomian, peternak semakin menjerit," ungkap mereka kesal.

Lanjutnya, mengingat di penghujung tahun 2019 atau bulan Desember, para peternak atau warga, sangat membutuhkan biaya yang besar untuk membeli kelengkapan natal dan tahun baru.

"Peternak butuh biaya tambahan pada perayaan natal, ini seharusnya diperjuangkan dewan,"ujar Lando Rajagukguk.

Hal senada juga dikatakan D Tanjung, bahwa sampai saat ini, kepedulian Pemko Tebing Tinggi terhadap peternak tidak nyata. Babi yang mati hanya didata dan uang pengganti penanam bangkai tidak ada, katanya.

"Kerugian peternak tidak sebatas didata, tapi dibantu perekonomian kembali. Hal ini yang sangat diharapkan," ucapnya.

Ternak babi yang mati di Kelurahan Damar Sari, mencapai sekitar 210 ekor, dan jika dihitung kerugian, mencapai ratusan juta, jelasnya.

Penulis: wh. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!