HETANEWS

SD YPK Terima Penghargaan Kategori Sekolah Sehat

Eddy Nuah menyerahkan bingkisan kepada Suryawati. (foto/ ay)

Siantar, hetanews.com - SD Yayasan Perguruan Keluarga (YPK) mendapat penghargaan sebagai kategori sekolah sehat.

Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) menjadi penilaian Pemko Siantar, melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat yang merupakan program nasional, dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Penghargaan itu, diterima Kepala Sekolah SD YPK, Suryawati SPd, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tahun 2019, di  lapangan Mako Brimob, baru - baru ini. Bingkisan tersebut disampaikan Kadisdik Kota Siantar, Eddy Nuah.

"Kami mendapat penghargaan sekolah bersih (PHBS) di sekolah. Penilaian dari seluruh Sekolah Dasar se-kota Siantar,"kata Surya saat dikonfirmasi wartawan, Senin (9/12/2019), di kantornya.

Menurutnya, tim melakukan penilaian di beberapa item, antara lain, mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun. Mengkonsumsi jajan sehat, di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga yang teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk dan tidak merokok, di lingkungan sekolah.

Juga menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan, serta membuang sampah pada tempatnya, kata Surya.

Hanya saja, SD YPK belum memiliki poin 2, jajan sehat di kantin sekolah, sebab masih ada anak - anak yang jajan, di luar sekolah. "Meski demikian, kami akan berupaya yang terbaik buat anak didik dan sekolah ini,"kata Surya.

Menurut pemerintah, PHBS di sekolah yang mencerminkan perilaku yang dipraktekkan peserta didik, guru dan masyatakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. Sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.