HETANEWS

Dua Orang Pelaku Jambret Tas Berisi HP, Emas dan Uang Tunai Diringkus Polisi di Hotel Mutiara

Foto kedua tersangka jambret yang diamankan Polisi. (foto/res)

Siantar, hetanews.com - Dua orang jambret berhasil diringkus personil Sat Reskrim Polres Siantar, di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Kahean, Kecamatan Siantar Utara, tepatnya di Hotel Mutiara.

Kedua pelaku, diketahui bernama Piter Hutagaol alias Piter (20), warga Jalan Pangaribuan, Kelurahan Martimbang, Kecamatan Siantar Selatan, dan Hermanto Simanjuntak (24), warga Jalan Sekata, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar, Kecamatan Siantar Utara.

Ditegaskan Kasat Reskrim, Iptu Nur Istinono, keduanya diamankan dengan adanya LP/595/XI/2019/SU/STR, tanggal 29 November 2019.

"Mereka berdua ini (tersangka) kita tangkap karena menjambret sebuah tas milik korban, berinisial IM," ungkap Kasat Reskrim, kepada awak media, melalui whatsapp, Senin (9/12/2019) malam, pukul 19.00 WIB. 

Dijelaskan, saat itu korban dan seorang temannya, berinisial TN sedang berboncengan dan hendak pulang ke rumahnya, di Jalan Pematang, Kelurahan Simalungun, Kecamatan Siantar Selatan.

"Pada saat korban dan temannya tiba dipersimpangan antara Jalan Seram dan Jalan Jawa, dengan keadaan jalan dalam  perbaikan, kemudian datang dua orang tersangka ini dengan mengendarai sepeda motor RX King dan langsung menarik tas korban," ujarnya.

Lanjutnya, yang menarik tas korban, tersangka Piter, dan setelah berhasil menjambret, satu orang tersangka lagi, Hermanto Simanjuntak, berperan menjual barang bukti hasil jambret tersebut dan menikmati hasilnya.

Barang bukti yang diamankan Polisi. (foto/res)

Hanya saja, korban dan temannya, cepat membuat laporan ke Polres Siantar dan personil Sat Reskrim, langsung melakukan pengejaran terhadap kedua tersangka.

"Dan pada hari Jumat, 6 Desember 2019, kita mendapat informasi, bahwa kedua tersangka sedang berada didalam kos, di simpang panglong, tepatnya di Jalan Sibatu-batu, Kelurahan Bahkapul, Kecamatan Siantar Sitalasari," pungkasnya.

Mendapatkan informasi tersebut, petugas langsung menuju ke tempat kejadian perkara (TKP). Dan pada saat petugas hendak menuju ke kos pelaku, petugas berpapasan dengan pelaku.

"Selanjutnya kita mengikuti pelaku dari belakang, sampai pelaku berhenti di Hotel Mutiara, dan kita  langsung melakukan penangkapan terhadap keduanya. Dan saat kita interogasi, pelaku mengakui perbuatannya," ucapnya.

Akibat perbuatan kedua pelaku, korban harus mengalami kerugian sebesar Rp 15 juta yang terdiri dari 3 unit HP, antara lain, merk OPPO F7, IPHONE 8+, OPPO F1, dan didalam tas tersebut, juga terdapat anting - anting emas dan uang tunai Rp1 juta.

"Selain itu, juga turut kita amankan  sejumlah barang bukti, berupa sepeda motor RX King yang digunakan pelaku untuk berbuat kejahatan, dua buah kaos oblong berwarna putih dan merah muda, dan 1 buah jaket sweter warna hitam yang digunakan pelaku saat menjambret," akhirnya.

Penulis: res. Editor: gun.