HETANEWS

Calon Perseorangan Pilkada 2020 Input Data Sendiri

Sosialisasi KPU Pematangsiantar

Siantar, hetanews.com - Ada perubahan pada Pilkada Pematangsiantar yang akan digelar 23 September 2020 mendatang. Khsususnya bagi calon perseorangan, akan menginput data dukungan ke aplikasi Sistim Pencalonan [Silon].

Ketua KPU Pematangsiantar, Daniel MD Sibarani mengatakan, pada Pilkada sebelumnya calon perseorangan atau calon independen menyerahkan data dukungan dalam bentuk hard copy. 

Sementara untuk Pilkada 2020, calon perseorangan mengirimkan Tim yang nantinya menjadi operator, yang bertugas menginput data hard copy ke aplikasi Silon.

"Ada perubahan pilkada sebelumnya dengan Pilkada saat ini. Calon perseorangan supaya mengirim tim nya supaya ikut Silon. Jadi tim mereka akan menginput sendiri data ke Aplikasi Silon," kata Daniel saat acara sosialisasi di Hotel Sapadia, Senin (9/12/2019).

Komisioner KPU, Nurbaiyah Siregar, dalam pemaparannyamenjelaskam, calon perseoarangan di Pilkada sebelumnya  belum memakai Silon. Pada Pilkada 2020 harus memamakai Silon.

"Jadi gak berkas Hard copy, tapi mengimput sendiri data-data ke dalam aplikasi Silon. Dari aplikasi itu di print, dan dibawa ke bawa ke KPU," katanya.

Kata dia, Silon merupakan aplikasi baru yang diluncurkan dari KPU RI. Perubahan ini sesuai dengan terbitnya PKPU No 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU 15 2017.

Pada kegiatan sosialisasi ini, Kasat Intel Polres Pematangsiantar, AKP Basri Lubis, meminta sosialisasi Pilkada oleh KPU Pematangsiantar  lebih tepat sasaran dan sampai ke elemen masyarakat.

"Sosialisasi jangan hanya di ruangan saja tapi bagaimana bisa diketahui seluruh kalangan masyarakat. Ini saran, sehingga nanti ada penyelenggaraan bisa terlaksana dengan baik," kata Basri saat menyampaikan sambutannya mewakili Forkopimda.

Baca juga: Simak Perubahan jadwal Penjaringan Balon Perseorangan Pilkada Pematangsiantar

Penulis: gee. Editor: edo.