HETANEWS

Ikuti Tips Ini Biar Tak Terjebak Hutang Saat Berbelanja Darling

Hati-hati kejebak utang karena keasikan belanja daring (Foto: Pixabay/StockSnap)

Hetanews.com - DI era modern ini, semua kegiatan manusia sangat dimudahkan oleh teknologi yang serba canggih. Salah satunya yaitu proses jual beli secara daring. Kini orang tak perlu lagi ke mall atau pusat perbelanjaan jika ingin berbelanja. Semua yang diinginkan, bisa didapatkan melalui gadget dan koneksi internet.

Saking mudahnya, tak jarang banyak orang lupa diri dan belanja terlalu banyak. Apalagi akhir-akhir ini muncul fitur pay later di banyak portal belanja daring. Alhasil, bukannya senang karena bisa berbelanja dengan mudah, banyak orang malah jadi terjebak hutang.

Sahabat Merah putih pastinya enggak mau hal ini terjadi dong? Maka dari itu, tim Merah Putih sudah siapin tips buat kamu biar enggak terjebak hutang saat belanja daring. Penasaran? Simak daftar berikut ini:

1. Cek syarat dan ketentuan dengan jelas

Teliti saat berbelanja penting biar transaksi sesuai dengan keinginanmu (Foto: Pixabay/200degrees)
Teliti saat berbelanja penting biar transaksi sesuai dengan keinginanmu (Foto: Pixabay/200degrees)

Sebelum berbelanja, bacalah syarat dan ketentuan yang berlaku di situs atau portal tempat kamu belanja. Misalnya sistem pengembalian uang jika barang yang kamu dapat tak sesuai dengan yang diinginkan. Jangan sampai gara-gara enggak membaca syarat dan ketentuan dengan baik, barang yang kamu ingin enggak sampai meski uangmu sudah melayang.

Hal ini juga berlaku saat kamu menggunakan fitur pay later. Periksa kapan sekiranya kamu harus membayar tagihan belanjamu. Bisa jadi tagihannya datang sebelum tanggal gajian.

Periksa juga berapa besar bunga yang harus kamu bayar. Jangan sampai kamu kena masalah gara-gara salah perhitungan.

Begitu juga dengan cashback. Cek bagaimana bentuk cashback yang kamu dapatkan. Beberapa portal belanja daring memberikan cashback dalam bentuk poin, yang hanya bisa digunakan secara terbatas (hanya untuk beberapa produk atau di beberapa tempat saja).

 Terkadang cashback yang didapatkan juga tak sebesar yang orang kira karena adanya batas maksimal.

2. Hati-hati ketagihan flash sale

Flash Sale bisa jadi penyelamat atau sumber bahaya buat keuanganmu (Foto: Pixabay/200degrees)
Flash Sale bisa jadi penyelamat atau sumber bahaya buat keuanganmu (Foto: Pixabay/200degrees)

Beberapa situs atau portal belanja online suka membuat flash sale atau diskon besar-besaran dalam waktu terbatas. Kadang flash sale ini akhirnya suka membuat orang jadi konsumtif karena tak ingin kelewatan penawaran yang mereka anggap menarik.

Membeli barang saat flash sale memang tidak ada salahnya. Tapi pikirkan secara matang sebelum membeli sesuatu. Apakah kamu benar-benar memerlukan barang tersebut atau hanya takut kelewatan penawaran saat flash sale. Tak jarang banyak barang yang dibeli saat flash sale malah tidak digunakan secara maksimal karena pembelian yang terburu-buru.

3. Cek diskon-diskon tersembunyi

Diskon yang berguna kadang justru tak kelihatan (Foto: Pixabay/TheDigitalArtist)
Diskon yang berguna kadang justru tak kelihatan (Foto: Pixabay/TheDigitalArtist)

Terkadang diskon-diskon yang berguna malah tidak terlihat secara langsung. Yap! Banyak situs atau portal belanja daring yang suka memberikan diskon atau promo secara tersembunyi. Baik itu berupa kode atau kupon di inbox akun belanjamu.

Jika kamu sedang ingin berbelanja, coba cari diskon atau promo tersembunyi ini di situs atau portal belanja favoritmu. Bisa jadi karena ketelitianmu, kamu dapat menghemat uang yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Sumber: merahputih.com

Editor: tom.