HETANEWS

Olahan Frozen Food Dicampur ke Dalam Makanan Bayi, Bolehkah?

Aneka Olahan Frozen Food.

Jakarta, hetanews.com - Ada banyak cara agar makanan bayi tak hanya kaya nutrisi, namun juga lezat dan menggugah selera. Misalnya dengan mencampurkan aneka sayur dan buah agar piringnya lebih berwarna, atau menambahkan olahan frozen food ke dalamnya. Yaitu seperti sosis, crab stick, bakso ayam, bakso udang, bakso sapi, hingga salmon roll.

Untuk mendapatkannya juga tak sulit, Anda bisa membelinya di pasar tradisional maupun modern, mulai dari yang curahan hingga merek tertentu. Tetapi, apakah aman menambahkan olahan frozen food di makanan bayi?

Aneka Olahan Frozen Food
Aneka Olahan Frozen Food.

Menurut Dokter Ahli Gizi Komunitas, DR. dr Tan Shot Yen, M.hum, sebaiknya sejak kecil hindari memberikan makanan olahan seperti frozen food, Moms.

“Kenapa (bukan pakai) ayam beneran, (olahan) ikan ya ikan dori beneran?,” katanya saat dihubungi kumparanMOM melalui pesan tertulis pada Kamis (5/12).

Hal senada juga dikatakan profesor gizi medik, Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc, menurutnya lebih baik makanan bayi diisi oleh bahan-bahan segar dan hindari pemberian olahan frozen food pada makanan bayi.

“Karena khawatir ada kontaminasi, dan lain-lain,” jawabnya.

Selanjutnya, dr Saptawati turut menjelaskan bahwa kesegaran makanan juga dinilai dari kandungan nutrisi di dalamnya. Dirinya khawatir bila kandungan gizi dalam frozen food, telah berkurang karena sudah melewati berbagai macam proses.

“(Jadi) sebaiknya menggunakan makanan segar,” pesan dr Saptawati.

Aneka Olahan Frozen Food
Aneka Olahan Frozen Food. 

Dilansir dari laman Baby Center, makanan siap saji yang dibuat untuk anak-anak atau orang dewasa tentu tidak baik untuk bayi. “(Makanan tersebut) mengandung lebih banyak natrium," kata ahli diet Eileen Behan sekaligus penulis The Baby Food Bible.

Tidak hanya itu saja, The Bump menuliskan bila makanan olahan mengandung lebih banyak garam, gula, lemak dan kalori. Jadi, ketika bayi, balita, atau anak Anda mengkonsumsinya setiap saat, berat badannya bisa naik namun tidak sehat. Makanan olahan juga hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak sama sekali vitamin dan mineral.

Jadi Moms, Anda bisa mengganti olahan frozen food dengan daging ayam, ikan, sapi, hingga udang segar. Lalu pastikan juga makanan bayi Anda kaya nutrisi yaitu mengandung karbohidrat, lemak protein hewani, protein nabati, zat besi, vitamin, dan nutrisi baik lainnya.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.